BPS Sumut dan USU Jalin Kerjasama

 

MoU antara BPS Sumut dan USU.Netty

Medan | Jurnal Asia
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) lakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Sumatera Utara (USU), di Gedung Biro Rektor USU, Selasa (3/3/2020).

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi dan Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu.

Rektor USU, Prof Dr Runtung mengatakan, penandatangan kerjasama ini sangat memberikan manfaat. Ke depannya, BPS bisa diundang menjadi narasumber untuk membekali mahasiswa.

Karena, lanjut dia, saat ini, tidak cukup lagi hanya ijazah tapi mahasiswa harus memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). SKPI ini didapatkan melalui kegiatan akademik di luar program studi.

“SKPI ini menjadi nilai tambah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan yang kini semakin terbatas. Dan kita harapkan mahasiswa USU nantinya bisa mendapatkannya saat magang atau melakukan kegiatan dengam BPS. Itu menjadi pendamping keterampilan mahasiswa saat memasuki dunia kerja,” katanya.

Dikatakan Runtung, dalam 4 tahun terakhir, daya saing lulusan USU masih tinggi di pasar kerja. Pihaknya terus melakukan berbagai pengembangan berbagai fasilitas sehingga mahasiswa mendapatkan proses yang semakin berkualitas.

Kerja sama dengan BPS juga sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, yang sudah meluncurkan 4 kebijakan salah satunya terkait dengan lembaga di luar universitas yakni kuliah di luar program studi maksimal 3 semester.

“Tidak ada batasan untuk program studi saat magang di BPS. Tapi lebih diutamakan untuk mahasiswa semester 7 dan 8 yang mau tugas akhir. Tentu kita berharap nanti kerja sama ini bisa bermanfaat untuk USU dan BPS,” ujarnya.

Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi menambahkan, penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari yang sudah dilakukan di tingkat nasional. Tentu sangat berharap kerja sama dengan USU ini bisa berjalan dengan baik.

“BPS sangat membutuhkan universitas sebagai mitra dalam berbagai kegiatan termasuk untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020,” pungkasnya.(nty)