Berhadiah Rp29 Juta, FT USU Gelar Kompetisi Inovasi Beton Ramah Lingkungan Berkekuatan Tinggi

 

Panitia Ulos dari FT USU foto bersama.Netty

Medan | Jurnal Asia
Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar USU National Concrete Championship (Ulos) dengan tema kompetisi “Inovasi Beton Ramah Lingkungan Berkekuatan Tinggi” yang akan berlangsung pada 16-18 Oktober 2019. Total hadiah yang diberikan mencapai Rp29 juta.

Ketua Panitia, M.Aqil Pulungan mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkai acara dari Hari Ulang Tahun (HUT) FT USUs ke-70 pada tahun 2019 ini. Saat ini, sudah ada 9 tim yang mendaftarkan diri mengikuti kompetisi berskala nasional.

“Kami berharap, ada inovasi beton terbaru yang terciptakan sesuai dengan perkembangan zaman dan ramah lingkungan. Pendaftarannya dengan mengirim proposal dan video atas inovasi bentonya,” katanya di Medan, Rabu (21/8).

Penanggung Jawab, Rahmi Karolina menambahkan, mahasiswa FT USU, tergabung dalam Tim Beton USU dibentuk pada 2015 lalu. Tim ini, banyak meraih prestasi dalam bidang beton dalam kompetisi digelar tingkat lokal maupun nasional beberapa waktu lalu.

“Setiap tahun secara berkelanjutan kita mengikuti kompetisi dilakukan himpunan-himpunan wilayah Jawa. Kemudian, kita menang ada juara I, Juara II dan Juara II,” sebut Rahmi.

Dengan prestasi tersebut, Teknik Sipil FT USU sudah dikenal ditingkat nasional. Atas hal itu, pihaknya memberanikan diri menggelar kompetisi beton tingkat nasional diikuti mahasiswa berbagai universitas ternama di Indonesia ini.

“Pada kompetis beton ini, peserta menuangkan inovasinya dalam bentuk proposal dan video,” tuturnya.

Sedangkan tim juri Ulos akan melakukan seleksi terhadap inovasi beton ramah lingkungan dari peserta untuk dipilih menjadi juara dalam kompetisi bergensi ini.

“Kompetisi ini dibagi 2 sesi. Pertama itu, pengirimanan proposal dan sesi kedua pengiriman video. Kita tunggu sampai 27 Agustus 2019 ini. Setelah itu, kita menyeleksi 6 tim terbaik berdasarkan proposal, inovasinya apa, kekuatan benton yang tinggi dan kemampuan mereka membuat video dengan baik,” jelasnya.

6 finalis tersebut, akan diundang langsung datang ke USU untuk mempersentasekan inovasi betonnya kepada dewan juri. Validasinya akan dilakukan di labotorium USU sesuai dengan inovasi sampaikan melalui proposal mereka buat.(nty)