Asah Kemampuan Berbahasa lewat Got Talent

Ajang Menuju Chinese Bridge

Medan | Jurnal Asia

Perlombaan Got Talent 2018 yang digelar Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia (STBA PIA) Medan sebagai upaya menyalurkan dan mengasah kemampuan berbahasa yang ada pada diri mahasiswa sebagai bentuk praktek di luar perkuliahan.

“Selain sebagai penyaluran bakat dan kemampuan juga secara khusus menjadi ajang pemanasan perlombaan Chinese Bridge yang akan dilaksanakan pada Maret 2019 mendatang,” kata Ketua STBA-PIA diwakili Puket 1 Sinar Anwar BA MTCSOL di kampus tersebut Jalan KL Yos Sudarso Medan, Sabtu (17/11).

Menurut Sinar Anwar, perlombaan Chinese Bridge merupakan ajang perlombaan berskala nasional dan internasional yang selama 10 tahun (sejak 2009-2018) secara berturut-turut mahasiswa STBA-PIA mendapat juara 1 tingkat nasional dan pernah sebanyak 3 kali mendapat juara 2 dan 2 kali mendapatkan juara 1 pada pelombaan tingkat internasional.

Dijelaskannya, pada perlombaan Chinese Bridge, mahasiswa akan diuji 3 kemampuan yaitu kemampuan berpidato, kemampuan seni dan pengetahuan umum. Untuk itu, perlombaan Got Talent ini secara tidak langsung akan mempersiapkan kemampuan bidang seni mahasiswa STBA-PIA dalam perlombaan Chinese Bridge.

Menurut Sinar Anwar, Got Talent merupakan ajang perlombaan internal kampus STBA-PIA yang secara rutin diadakan setiap tahunnya.

Adapun jumlah peserta lomba pada hari ini, untuk kategori single sebanyak 38 orang dan untuk kategori grup sebanyak 31 grup dari program studi Sastra Mandarin dan Sastra Inggris.

Anwar juga memotivasi para peserta agar menunjukkan kemampuan dan bakat dengan semaksimal mungkin. Menang dan kalah merupakan hal yang lumrah dalam suatu perlombaan atau persaingan
“Namun bagi mahasiswa yang menang jangan terlalu senang atau bahkan menjadi sombong. Yakinlah apa yang menjadi pengalaman sewaktu meraih kemenangan akan lebih berarti dari pada kemenangan itu sendiri,” katanya.

Sebaliknya bagi mahasiswa yang kalah jangan terlalu berkecil hati, karena kekalahan ini akan menjadin suatu pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga untuk menggapai kesuksesan di masa mendatang.

Tampil sebagai pemenang STBA-PIA Got Talent 2018 kategori Single yakni juara I diraih Felicia, Elbert Angkasa juara 2 dan Windy Wijaya juara ketiga serta juara harapan Hans Jordan Octavianus Hutauruk.

Sedangkan kategori group diraih juara 1 Jeslyn dan timnya, kedua dimenangkan Evelyn Huang dan juara 3 Vivilya serta juara harapan Fenny dan kawan-kawannya.

Hadir pada acara tersebut antara lain Wakil Ketua MITSU Agus Sujana, Teh Kia Tjoh, Sekretaris Benny Mulyadi, Drs Hasnan Chanderson B.A, Bendahara Tjipto Kuswandi, Kadir Gunawan, Kabid Pendidikan Widy Atmaja, Kabid Sosial Wagimin, Kabid Kesenian Sukawati Ngaserin, Wa. Kabid Kesenian Soengkono & Li Suxiang.

Selain itu perkumpulan kaligrafi Yi Xinyuan Dr. Surya Sampurn, Bapak Sugiyono, Pembantu Ketua II Anthony Hualang, SKom. MTCSOL, Pembantu Ketua III Yenny Marlim, B.A., M.Pd Kabag Akademik Dewi Kartika Tjong, B.Ed., MTCSOL dan lainnya.
(swisma)