Tingkatkan Pendapatan, Pemkab Karo Serahkan Traktor ke Warga Terdampak Erupsi Sinabung

 

Bupati Karo Terkelin Brahmana serahkan secara simbolis bantuan traktor bagi warga terdampak erupsi Sinabung. Ist

Karo | Jurnal Asia
Bupati Karo Terkelin Brahmana menyerahkan bantuan traktor roda empat untuk warga terdampak erupsi Gunung Sinabung di halaman Kantor Bupati Karo, Senin (13/01/2020) kemarin.

Sebelum penyerahan secara simbolis perwakilan penerima bantuan tersebut terlebih dahulu diadakan pertemuan di Aula Kantor Bupati Karo Jalan Jamin Ginting Kabanjahe.

Hadir dalam pertemuan tersebut pimpinan OPD sejajaran Pemkab Karo. Direktur Pemulihan Peningkatan Sosial Ekonomi BNPB Camat Naman Teran, Camat Merdeka, Camat Simpang Empat, Camat Tiganderket dan Camat Payung serta 29 kepala desa perwakilan masyarakat penerima manfaat.

Bupati Karo, Terkelin Berahmana dalam arahannya menyampaikan serah terima traktor roda empat merek ISEKi NT-548 F merupakan bentuk kepedulian negara kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Dikatakan Terkelin lagi, walaupun dengan dampak minimal dan radius yang cukup jauh menunjukkan bahwa negara hadir dalam setiap kondisi.

“Seperti kita ketahui penanganan pasca bencana erupsi gunung Sinabung berupa rehabilitasi dan rekonstruksi terbagi menjadi 5 sektor utama. Yaitu sektor permukiman, sektor infrastruktur, sektor sosial, sektor ekonomi dan sektor lainnya, ” jelas Terkelin.

Menurut Terkelin, untuk sektor ekonomi, Kabupaten Karo adalah kabupaten agraris yang subur dan sebagian besar masyarakatnya adalah petani.

Karena hal itulah Pemerintah Kabupaten Karo memanfaatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi dari BNPB (badan nasional penanggulangan bencana) dalam bentuk pengadaan alat mesin pertanian berupa traktor roda empat yang diserahkan kepada masyarakat.

“Saya harapkan alat mesin pertanian traktor roda empat yang diserahkan kepada 29 desa terdampak erupsi Gunung Sinabung dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menurunkan ongkos produksi yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan petani secara mikro dan berdampak pada ekonomi Kabupaten Karo secara makro ,” harap Bupati.

Desa penerima hibah, Kecamatan Payung 7 desa, Kecamatan Naman Teran 8 Desa, Simpang Empat 3 Desa, Kecamatan Merdeka 2 Desa dan Kecamatan Tiga Nderket 9 Desa.(wo)