Tahun Baru, Taput Diguncang Gempa 3,4 SR

Peta Lokasi Gempa di Taput. Ist

Medan | Jurnal Asia
Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) terjadi di awal tahun baru 2019 di wilayah Tapanuli Utara (Taput), Selasa (1/1) pagi sekitar pukul 06.48 WIB.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan pusat terjadi dengan koordinat episenter pada 2,05 LU dan 99.11 BT, atau berlokasi di darat pada jarak 1 km arah Timur Laut  Kabupaten Taput, Sumut pada kedalaman 10 km.

Adapun dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta guncangan (shakemap) dan informasi yang diterima dari masyarakat bahwa gempa bumi ini dirasakan pada skala III MMI di kawasan Sipahutar.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal di sekitar Sipahutar, Tapanuli Utara,”  jelasnya.

Edison menyampaikan, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) di wilayah tersbut.

“Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan,” tandasnya.

Informasi diperoleh wartawan, gempa bumi juga terjadi di Mandailing Natal, dengan kekuatan 2.4 SR pukul 04.27 WIB. Kemudian, gempa 3.2 SR juga terjadi di Nias Barat pada pukul 10.05 WIB. (wo)