Satu Unit Rumah Warga di Kecamatan Merek Roboh

Rumah salah satu warga roboh terkena longsor akibat diguyur hujan lebat dan angin kencang di Desa Nagara Kec. Merek. Ist

Karo | Jurnal Asia
Tingginya intensitas curah hujan lebat  disertai dengan angin kencang, mengakibatkan 1 unit rumah warga bernama Jamson Tarigan di Desa Nagara Kecamatan Merek, roboh, Kamis (31/10/2019).

“Bangunan rumah roboh terkena longsor setelah diguyur hujan berjam jam ditambah angin kencang dan gemuruh petir yang keras sahut menyahut, menyebabkan tanah longsor lalu menimpa rumah warga,” kata Camat Merek Tommy Heriko Sidabutar.

Ia mengatakan saat peristiwa longsor yang merubuhkan rumah ini terjadi, tidak ada korban jiwa sedangkan kerugian belum dapat ditaksir. “Dan rencana kedepan saya bersama muspika dan bersama warga Nagara, akan bergotong royong membersihkan puing-puing rumah yang terkena longsor,” terangnya.

Terpisah, Bupati Karo Terkelin Brahmana saat mengetahui ada kejadian rumah warga terkena longsor dari Camat Merek, merespon dan memerintahkan agar segera mendatangi lokasi dan lakukan pendataan bersama muspika.

“Jika ini murni akibat bencana alam, harus ada penanganan sinerginitas untuk membantu warga,” kata Terkelin.

Atas kejadian ini, Bupati mengimbau warga lebih berhati hati dan waspada pada saat musim hujan.

“Khusus bagi rumahnya yang berdekatan dengan tebing, supaya memperhatikan keselamatan, jika ada potensi atau tanda-tanda bencana, segera laporkan kepada perangkat desa, camat dan aparat setempat,” tandasnya.(wo/Herman).