RDP Bupati Karo dan DPRD Sumut Bahas Pembangunan Jalan Deli Serdang-Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana menghadiri RDP dengan Komisi D DPRD Sumut. Herman

Karo | Jurnal Asia
Komisi D DPRD Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Pemkab Karo, membahas pembangunan akses jalan dari Deli Serdang ke Kabupaten Karo.

“Urgennya jalan tembus Karo-Deli Serdang melalui Desa Rumah Liang di Kabupaten Deli Serdang, sangat-sangat di impikan masyarakat banyak,” ujar Terkelin saat menghadiri RDP di DPRD Sumut, Jumat (1/2).

Namun untuk merealisasikan pembangunan jalan ini, lanjut dikatakannya tidak semudah yang dibayangkan sebab masih ada kendala yakni ruas jalan yang melalui kawasan hutan konservasi.

“Sejak tahun 2017 hingga 2019 ini Pemkab Karo sudah ada empat kali mengajukan surat ke pihak Kehutanan Provinsi Sumut, terkait pemakaian kawasan hutan konservasi, ironisnya jawaban kami terima belum ada sampai detik ini,” ujar Terkelin.

Untuk itu, Ia berharap dalam RDP ini DPRD Sumut dapat menggedor pintu masuk terkait  izin kawasan hutan konservasi ke Dinas  Provinsi maupun Pusat.

“Mudah mudahan jalan  tembus karo ke desa Rumah Liang, tidak ada lagi hambatan, jika izin sudah dikeluarkan pihak berwenang nantinya,” pintanya.

Sekedar mengingat kembali, bahwa pihak Pemkab Karo sudah melakukan pembukaan dan peningkatan jalan serdang – rumah liang melalui TMMD KE-101 dan Karya Bhakti  TNI melalui kodim 0205 /TK dan  saat ini  masih berlangsung.

Sementara, anggota DPRD Sumut Komisi D Layari Sinukaban mendukung Pemkab Karo agar izin rekomendasi dari Dinas Kehutanan Provnsi Sumut segera dikeluarkan, dalam waktu dekat ini.

“Kami komisi D DPRD Sumut akan mendesak dan adakan rapat, begitu juga jalan Karo Serdang-Deliserdang, harus tuntas, sebab menyangkut keperluan hajat banyak,” ujarnya.

Usai tanya jawab, pimpinan Ketua RDP Burhanuddin Siregar membuat kesimpulan, terkait jalan tembus Karo-Deliserdang dan pelebaran lanjutan Jalan Kabanjahe – Simpang Ujung Aji Berastagi.

“Kita menyimpulkan kesepakatan minggu depan (7/2/2019) semua yang terlibat ini, kita gedor ke Jakarta mempertanyakan kepada menteri PUPR dan menteri lingkungan hidup, supaya cepat terealisasi, sesuai harapan,” ucapnya.

Turut hadir dalam RDP  anggota Komisi D DPRD Provsu, Bappeda Provsu, Dinas Bina, Marga dan Bina Konstruksi Provsu, Sekretaris PUPR Deli Serdang dan Balai Besar Pelaksananan Jalan Nasional Wilayah I Medan.(herman/wo)