Puncak HUT ke-68 IBI di Kabupaten Karo Berlangsung Meriah

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi, Ketua TP PKK Kab Karo By.Sariaty Terkelin dan Kadis Kesehatan drg Irna Safrina pemotongan tumpeng di HUT IBI. Ist

Karo | Jurnal Asia
Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Karo menggelar acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 68, di Aula lantai 3 Kantor Bupati Karo, Sabtu (30/11/2019).

Acara yang digelar berlangsung meriah, sebanyak 350 bidan yang tersebar di Kabupaten Karo. Acara juga diisi dengan pelaksanaan pengobatan gratis dan pembagian kaca mata di Desa Bukit Kec. Dolat Rakyat.

Dengan mengangkat tema “Bidan Melindungi Hak Kesehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perempuan dan Optimalisasi Pelayanan Kebidanan”, maka kegiatan HUT IBI bertujuan untuk menguatkan profesi dan organisasi dalam meningkatkan kualitas anggota IBI serta memantapkan IBI sebagai organisasi bidan yang handal.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan ucapan selamat merayakan HUT yang ke 68 kepada segenap komponen Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Karo sekaligus memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdian bidan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Visi pembangunan kesehatan yaitu sehat yang mandiri dan berkeadilan, kesehatan juga memiliki arti sangat penting dan strategis karena selain kebutuhan dasar, kesehatan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kualitas SDM,” jelasnya.

Terkelin Brahmana mengatakan, melalui momentum tersebut IBI harus menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa, membina pengetahuan dan keterampilan anggota dalam profesi kebidanan khususnya dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak serta kesejahteraan keluarga.

Bupati menekankan, peran Bidan di masyarakat sangat dihargai dan dihormati karena tugasnya yang sangat mulia, memberi semangat, membesarkan hati dan mendampingi serta menolong ibu melahirkan dapat merawat bayinya dengan baik.

“Untuk itu sebagai seorang Bidan, janganlah memilih-milih pasien miskin atau kaya karena tugas seorang bidan adalah membantu ibu, bukan mengejar materi,” tukasnya.

Sementara Pengurus Cabang IBI Kabupaten Karo Hj Sertamuli Sembiring SST mengatakan, seorang ibu memilih profesi seorang bidan bukan suatu kebetulan, apapun alasan yang melatarbelakanginya seorang ibu sudah memilih menjadi seorang bidan yang mengabdi dengan ketulusan dan cinta kasih yang dapat seorang bidan berikan dengan luar biasa.

Sertamuli menekankan, melalui momentum HUT IBI ke- 68 itu dapat dijadikan sebagai momen yang berharga dan jangan dianggap sebagai ajang ceremonial biasa tetapi salah satu jalan, sarana dan prasarana untuk kembali merapatkan barisan, bergandengan tangan, saling menstimulasi dan merangsang satu sama lain untuk terus bersemangat.

Dipenghujung acara Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty, Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala melakukan pemotongan tumpeng kue Hut IBI ke 68, selanjutnya diserahkan kepada Pengurus Cabang IBI Kabupaten Karo Hj Sertamuli Sembiring SST.(wo/Herman)