Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di Kabupaten Karo

Puluhan unit rumah di Desa Suka Ramai Kecamatan Munthe, Kabupaten Karo rusak diterjang angin puting beliung. Ist

Karo | Jurnal Asia
Puluhan rumah dilaporkan rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Suka Ramai Kecamatan Munthe, Kabupaten Karo, Rabu (6/3) malam.

“Dari pendataan sementara ada 32 rumah yang mengalami kerusakan,” ujar Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Peranginangin, Kamis (7/3).

Ia menjelaskan selain menyebabkan puluhan rumah rusak, bencana angin puting beliung juga mengakibatkan dua orang yang luka-luka atas nama Ternalem Br Sembiring (53) dan Bila Br Sembiring (8).

Kondisi rumah yang diterjang angin puting beliung tersebut, Natanail mengatakan mengalami kerusakan bervariasi dari sedang hingga berat. Ia menyebutkan, angin puting beliung terjadi bersamaan dengan hujan deras yang melanda kawasan itu. Bahkan jaringan listrik di desa itu mati total.

“Warga yang rumahnya terdampak sudah ditampung di masing-masing rumah tetangga. Korban luka sudah diobati di puskesmas. Selanjutnya kita berkoordinasi dengan PLN agar memperbaiki jaringan listrik, karena kondisi saat ini mati lampu,” jelasnya.

Saat ini Natanail menuturkan, pemerintah desa dan kecamatan beserta unsur terkait dan warga tengah melakukan gotong royong dilokasi kejadian. Selain itu, sambungnya, juga akan dilaksanakan kegiatan jaga malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Begitu juga tambahnya, korban yang mengalami luka-luka, saat ini dipastikan sudah tertangani dengan baik.

“Langkah awal tadi kita bersama kepala desa dan camat beserta kapolsek dan danramil mendata korban terdampak angin puting beliung. Selanjutnya kita pastikan warga terdampak aman dan terlindungi,” tandasnya.(herman/wo)