Pemerintah Kabupaten Batubara Siap Dukung Program BPJS Ketenagakerjaan

 

Peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Tanah Renah Batubara.Ist

Batubara | Jurnal Asia
Pemerintah Kabupaten Batubara siap mendukung program BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka melindungi pekerja di wilayahnya.

Penegasan tersebut disampaikan Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, H Iskandar SH disela peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Tanah Renah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara, Senin, (16/9).

“Kita siap untuk mendukung Program BPJS Ketenagakerjaan, kita akan duduk bersama untuk menyatukan visi agar semua pekerja yang ada di Kabupaten Batubara ini terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Dia menambahkan melindungi para pekerja melalui BPJS Ketenagakerjaan ini juga mengurangi risiko yang di hadapi oleh para pekerja.

“Kita bersama sama dengan BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat agar masyarakat lebih mengetahui Program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, Umardin Lubis mengatakan, di Batubara para pekerja itu banyak yang berdomisili atau bertempat tinggal di desa. Karenanya, mereka mulai mensosialisasikan Program BPJS Ketenagakerjaan dari desa ke desa.

Umardin Lubis menyambut, baik atas tantangan yang di berikan pemerintah Kabupaten Batubara untuk duduk bersama dalam melindungi para pekerja yang ada di Kabupaten Batubara.

“Kita menyambut baik tantangan dari pemkab batubara karena jarang sekali dari perwakilan daerah untuk melakukan itu,” ucapnya.

Dalam peresmian desa sadar jaminana sosial Ketenagakerjaan tersebut juga di lakukan penyerahan Klaim Jaminan kecelakaan kerja dan kematian masing masing kepada ahli waris tenaga kerja Jumikun sebesar Rp24 juta. Kemudian Heriyanto sebesar Rp76.623.920, Suratmi Ayu sebesar Rp 64.400.000 dan Syahlah Wijaya Saragih sebesar Rp27.043.480.

Bukti tanda ke pesertaan BPJS Ketenagakerjaan diberikan kepada Kelompok Tani Sumber Jaya, PAUD Pelangi, Kader Posyandu dan Kelompok BKB dan Kartu Peserta Kepada Tenaga kerja atas nama Atan, Saini, Syaiyah dan Tumini.(nty)