Pangdam I/BB Kunker ke Tanah Karo, Tinjau Kantor PVMBG dan Beri Tali Asih di Desa Naman Teran

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, memberikan sejumlah tali asih kepada masyarakat Desa Naman Teran. Ist

Karo | Jurnal Asia
Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah mengadakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Karo.

Kunker Pangdam I/BB yang berlangsung selama 3 hari, Jumat (19/7/2019) hingga Minggu (21/7/2019) turut didampingi Ketua KCK PD I/BB Trisasanti Fadhilah dan sejumlah para Asisten Kasdam I/BB.

Dalam penyambutan, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengucapkan selamat datang di Kabupaten Karo sekaligus memperkenalkan kantor PVMBF yang dikunjungi oleh Pangdam.

“Ini adalah kantor pos pemantauan Gunung Sinabung,” ucapnya sambil mengajak Pangdam ke ruangan PVMBG di lantai dua.

Selanjutnya, Pangdam I/BB bersama Bupati Karo menuju Desa Naman Teran untuk melaksanakan acara bakti sosial yang telah dipersiapkan oleh Kodim 0205/TK berupa  penyerahan tali asih kepada 448 KK desa, oleh Panglima.

Saat memberikan kata sambutan, Pangdam I/BB menyebutkan, mejuah juah, mejuah juah, dan mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga  kepada Bapak Bupati beserta segenap unsur Forkopimda, dan masyarakat Kabupaten Karo, khususnya Desa Naman Teran yang telah menyambut kedatangan rombongan dari Kodam I/BB.

“Selain dari kunjungan kerja kedinasan, kedatangan kami bersama rombongan tak lain ingin menjalin silaturahmi lebih dekat dan erat,” ucapnya.

Hakekatnya, masih dikatakan Pangdam, kegiatan ini merupakan cermin dari kepedulian TNI khususnya Kodam I/BB  terhadap apa yang dirasakan saudara saudara kita dalam menghadapi musibah yang sekian lama menimpa masyarakat di sekitar lingkar Gunung Sinabung.

“Atas musibah  erupsi yang berkepanjangan ini semoga cepat berakhir,” imbuhnya.

Pangdam mengatakan bentuk kegiatan bakti sosial ini merupakan amanah dari peran tugas TNI dalam bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang tercatat ada 14 fungsi OMSP yang bisa dilakukan oleh TNI.

“Inilah saya sebutkan diatas salah satunya  membantu tugas pemerintah daerah dan pemberian bantuan kemanusiaan, untuk  meringankan beban saudara saudaraku sekalian,” pungkasnya.

Selesai acara, selanjutnya dilakukan penyerahan tali asih kepada masyarakat  didampingi oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana berupa sembako kepada 448 KK, 10 alat semprot hama kepada kelompok tani, 35 tas sekolah, 7 buah bola kaki dan bola voly.

Hadir dalam acara ini  Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono, Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal, Kapolres Tanah Karo AKBP Remus Hutajulu, Kajari Karo Gloria Sinuhaji, Danyonif 125/Smb Mayor Inf Anjuanda Pardosi, Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kalak BPBD Martin Sitepu, Kepala PVMBG Armen Putra, dan Camat Simpang Empat Amsah Perangin Angin. (Herman/wo)