Pagi Tadi, Aceh Pidie 2 Kali Diguncang Gempa Tektonik

Gempa : Lokasi gempa yang mengguncang Aceh Pidie. Ist

Aceh | Jurnal Asia
Gempa bumi tektonik dua kali mengguncang wilayah Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Senin (24/12) pagi tadi.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan menyampaikan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut berkekuatan Mag: 4,2 SR dan juga Mag: 4,5 SR.

Edison memaparkan, gempa bumi pertama terjadi dengan kekuatan 4,2 SR pada pukul 05.48 WIB pada koordinat episenter 4.91 LU dan 95.99 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 km arah Tenggara Kabupaten Pidie, Aceh di kedalaman 10 km.

Sedangkan gempa bumi kedua terjadi dengan kekuatan 4,5 SR pada pukul 06.41 WIB, pada koordinat episenter 4.96 LU dan 95.88 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah Barat Daya Kabupaten Pidie, Aceh di kedalaman 10 km.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat Sabang, menunjukkan bahwa dampak gempa berupa guncangan yang dirasakan di daerah Indrapuri berkisar dalam skala I-II Modified Mercalli Intensity (MMI),” jelasnya.

Edison menerangkan, gempa bumi yang terjadi di Wilayah Pidie ini, jika dilihat dari lokasi serta kedalamannya yang dangkal, merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera.

Namun, sambung dia, hingga saat ini, berdasarkan hasil monitoring BMKG, belum ada menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) di wilayah tersebut.

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Pidie diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” tandasnya. (wo/net)