Kelelahan Amankan Pemilu, Seorang Personel Polres Dairi Tutup Usia Saat Bertugas

Aiptu Jonter Sirino-Ringo semasa hidup. Ist

Medan | Jurnal Asia
Aiptu Jonter Sirino-Ringo (51) tutup usia saat melakukan pengamanan Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hilir Kabupaten Dairi, Kamis (18/4) lalu.

Pria yang seharinya dikenal disiplin bertugas di Sat Reskrim Polres Dari, diduga meninggal karena kelelehan bertugas mengamankan Pemilu.

“Benar, satu personel dari Polres Dairi bernama Aiptu Jonter Siringo-Ringo meninggal dunia dalam melaksanakan tugas,” ungkap Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan, Sabtu (20/4).

Ia menjelaskan, sebagaimana yang diketahui, Polri mengerahkan seluruh kekuatannya guna menjamin keamanan jalannya pesta demokrasi, Rabu (17/4). Sehingga personel polisi, termasuk Aiptu Jonter, harus bekerja seharian penuh hingga larut malam.

Selanjutnya, Kamis (18/4) sekitar pukul 10.00 WIB, lanjut Tatan, Aiptu Jonter masih sempat kembali mengkawal KPPS guna penyerahan dokumen pemilu ke PPK.

“Namun almarhum minta ijin ke Kapolsek AKP Abdul Rahman Siregar untuk pulang ke rumah, berhubung dadanya mendadak sesak, seperti sakit jantung,” jelasnya.

Setiba Aiptu Jonter di rumahnya di Jalan Pemuda Sidikalang, ia pun meminta keluarga untuk ditemani ke Rumah Sakit. Akan tetapi tak lama berselang, anggota Bhayangkara itu pun wafat.

Aiptu Jonter meninggalkan istri boru Siahaan dan 3 anak, dimana satu diantaranya sedang kuliah. Almarhum direncanakan akan dikebumikan di Desa Janji Kabupaten Samosir, pada Sabtu hari ini.(wo)