Jembatan Kembar Parapat Kembali Tertimbun Longsor, Arus Lalin Medan – Tarutung Lumpuh

 

Lokasi jembatan sebelum tertimbun longsor. Ist

Parapat | Jurnal Asia
Longsor kembali menimbun Jembatan Kembar Parapat di Jalan Parapat-Siantar, Kabupaten Simalungun, Minggu (30/12) malam tadi.

Akibat kejadian ini, arus lalu lintas yang menghubungkan Pematang Siantar dan Parapat tak dapat dilalui, jalur lintas Medan-Tarutung lumpuh total. Untuk sementara masyarakat dihimbau untuk melewati jalur lain.

“Iya telah terjadi longsor di jembatan Lumban Siduadua sekitar pukul 21.30 WIB, lokasi 1 km sebelum kota Parapat,” terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara (Sumut) Riadil Akhir Lubis.

Ia menjelaskan pihaknya belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa dalam bencana longsor. Namun dipastikan arus lalin di lokasi lumpuh.

“BPBD Provinsi Sumut telah berkoordinasi dengan Kepala Balai Pengembangan Jalan Nasional (BPJN) dan Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumut,” jelas Riadil.

Peta lokasi jalur Medan – Tarutung yang putus akibat longsor. google maps

Begitu juga lanjut dia untuk alat berat, sebanyak 2 loader dan ekscavator saat ini sedang diturunkan, untuk membantu percepatan pembersihan material longsoran di lokasi bencana.

Diketahui, longsor yang melanda Jembatan Kembar Parapat, bukan pertama kali terjadi.
Selasa (18/12) sore kemarin, longsor pernah menimbun jembatan itu.

Akibat longsor saat itu jalur lintas nasional Medan menuju Tarutung putus. Selain itu, longsor juga menimbun beberapa unit kendaraan roda empat. (Wo)