Jelang Festival Bunga dan Buah, PKK Kab Karo Prakarsai Tanam Bunga di Pulau Jalan Kabanjahe

Penanaman perdana Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana, bersama Plt Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Organisasi PMS Kab Karo dan lainnya. Ist

Karo | Jurnal Asia
Menjelang Festival Bunga dan Buah yang digelar pada tanggal 5 hingga 7 Juli 2019, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Karo memprakarsai penanaman bunga di pulau jalan di Kabanjahe.

Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana menyampaikan penanaman bunga ini untuk memperindah seputaran Jalan Kabanjahe – Simpang Ujung Aji.

“Khususnya di jalan yang baru di perlebar, kita prakarsai untuk menanam bunga Tasbih yang lebih dikenal dengan sebutan bunga Canna, bermodalkan murah meriah serta gampang pengurusannya,” katanya.

Kegiatan ini, melibatkan unsur pemerintah dan unsur organisasi kemasyarakatan yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Plt. Liasma Br Ginting, Kabad LHK Ida, Kabid Dinas Pertamanan Baron Kaban, Ketua DPD PMS kab. Karo  Beres Brahmana, Dananta Barus Ketua Harian PMS Kab. Karo dan Humas PMS Jerry Novanda.

Menurut Ny Sariati, penanaman bunga tasbih ini terinspirasi dan dipilih untuk ditanam disepanjang pulau pulau jalan.

“Karena sering saya melihat di sepanjang jalan menuju Bandara Soekarno Hatta dimana bunga tasbih ini jika tumbuh akan berbunga besar dan berwarna warna
seperti merah, merah muda, dan kuning yang tersusun dalam bentuk tandan,” ujarnya.

Sementara Kabid Pertamanan Baron Kaban mengapresiasi langkah kepedulian ibu Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana yang mau turut andil dan sumbangsih pemikiran dan kreatifitas untuk menata kota kabanjahe dengan melalui penanaman bunga Tasbih.

“Iya, kita sudah dari awal kordinasi dengan ketua TP PKK Kab Karo untuk rencana penanaman bunga Tasbih, sehingga bunga Tasbih jauh hari sudah kita siapkan 2500 bibit bunga sekaligus kegiatan ini menunjang rencana Festival Bunga dan Buah yang tak lama lagi akan diselenggarakan, hanya tinggal hitung hari lagi,” ujarnya.

Nantinya, sebanyak 2500 bunga Tasbih ini akan di sepanjang Jalan Kabanjahe hingga Kantor Bulog Kabanjahe diperkirakan jaraknya  600-700 meter.

Pelaksana Tugas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Liasma Br Ginting mengatakan siap mendukung program Ketua TP PKK Kab Karo ini.

“Setelah ditanam nanti kami LHK akan melakukan pembersihan rumput dan sampah sekitar keberadaan bunga yang ditanam tersebut setiap hari akan kita kontrol,” ungkapnya.

Terpisah, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan sangat mendukung penanaman bunga yang diprakarsai Ketua TP PKK Karo ini,

“Jadikan contoh  dan teruskan ketempat yang lain, kegiatan yang serupa, jangan hanya seputaran Kabanjahe, tapi merata dititik titik yang dapat ditanam bunga tasbih, ya silahkan tanam, agar Kab Karo menjadi kota wisata bunga indah, menarik serba warna warni saat orang melintasi setiap jalan yang ditumbuhi bunga tasbih , ini harapan kita,” tandasnya.(Herman/wo)