Instruksi Bupati Karo Tangkal Penyebaran Virus Corona

Bupati Karo gelar pertemuan membahas penyebaran Covid-19. Ist

Karo | Jurnal Asia
Forkopimda Kabupaten Karo menggelar pertemuan kordinasi kesiapsiagaan penyebaran virus corona (Covid-19), Kamis (12/3/2020) pukul 11.00 WIB di ruang aula lantai III Kantor Bupati Karo di Kabanjahe.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengeluarkan 7 instruksi kepada SKPD untuk diteruskan ke masyarakat, adapun intruksi, pertama menyebarluaskan himbauan kepada masyarakat melalui Dinas komunikasi dan Informasi agar tetap bersikap tenang, tidak panik, tidak berlebihan membeli kebutuhan dan tidak menimbun bahan kebutuhan pokok serta berperilaku hidup sehat, bersih dan menjaga kesehatan diri.

“Kedua membentuk tim terpadu pencegahan dan penanganan coronavirus disease (covid-19 ) di Kabupaten Karo dan kecamatan masing -masing dengan melibatkan Forkopimda dan instansi terkait,”

Ketiga melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pengendalian risiko penularan infeksi Covid-19 di wiayah Kabupaten Karo dan kecamatan masing -masing. Ke-empat membuat dan melaksanakan kebijakan teknis peningkatan kewaspadaan risiko penularan infeksi Covid-19 beserta pencegahan dan pengendaliannya.

Kelima menyusun rencana kontijensi bersama dinas kesehatan, TNl/POLRI, rumah sakit dan seluruh perangkat daerah terkait, ke-enam meningkatkan kesiapsiagaan rumah sakit rujukan untuk penanganan infeksi Covid-19, termasuk penambahan jumlah tempat tidur , tenaga medis dan peralatan medis lainnya.

Dan ketujuh melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan dinas perindustrian dan perdagangan meningkatkan inspeksi dan pemantauan ke pasar dan gudang dalam rangka mencegah potensi penimbunan barang dan harga kebutuhan pokok.

“Termasuk peningkatan koordinasi bersama asosiasi pedagang dalam rangka memastikan ketersediaan stok kebutuhan pokok yang memadai dan harga yang terjangkau,” ujarnya.

Jangan Panik
Pada kesempatan yang sama Kadis Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala, membenarkan pertemuan ini untuk menerima intruksi Bupati, terkait himbauan penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Pada intinya tidak perlu panik dan jangan meyebarkan informasi yang belum tentu benar,” katanya.

Disisi lain, pencegahan tetap waspada , terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menjaga daya tahan tubuh.

“Jika mengalami demam lebih dari 38 derajat Celcius, batuk, sakit tenggorokan , sesak nafas , kenakan masker dan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat yang disediakan pemerintah,” tandasnya.(wo/Herman)