Hari Ini, Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Jalur Darat Transportasi di Sumut 

 

Ilustrasi hujan. Ist

Medan | Jurnal Asia
Pengendara yang melewati jalur transportasi darat di Sumatera Utara (Sumut) diharapkan mewaspadai kondisi cuaca hujan lebat yang berpeluang terjadi, Sabtu (8/6/2019).

Berdasarkan prakiraan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyebutkan di jalur barat yang meliputi wilayah Tarutung – Sibolga – Padang Sidempuan – Kota Nopan, kondisi cuaca diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, dengan kecepatan angin 5 – 15 knot, arah angin tenggara-barat.

Kemudian di jalur tengah meliputi Kabanjahe – Pangururan – Balige diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, dengan kecepatan angin 5 – 15 knot, arah angin tenggara-barat daya.

Di jalur timur wilayah Pangkalan Brandan – Binjai – Medan – Perbaungan – Tebing Tinggi – Kisaran – Rantau Prapat juga berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat dengan kecepatan angin 5 – 15 knot, arah angin tenggara-barat daya.

“Prakiraan ini berlaku mulai pukul 11.00 WIB hingga Minggu (9/6/2019) pukul 01.00 WIB,” ujar Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Medan Syahnan, kepada wartawan.

Ia mengatakan BMKG juga mengeluarkan rekomendasi peringatan dini pada hari ini yakni agar waspada hujan yang disertai angin kencang dan badai guntur di wilayah pegunungan hingga pantai timur Sumut.(wo)