Gempa Bumi Tektonik Guncang Dairi, Ini Analisis BMKG Medan

Pusat gempa bumi di Dairi. Ist

Medan | Jurnal Asia
Gempa bumi tektonik dengan magnitude 3,0 skala richter (SR) mengguncang Sidikalang, Kabupaten Dairi, Jumat (20/9/2019) pagi tadi sekitar pukul 09.47 WIB.

Kedalaman gempa 5 km, episenter berada pada koordinat 2.72 LU dan 98.44 BT yang berlokasi di darat berjarak 16 km Timur Laut dari Sidikalang.

Hasil analisis BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat aktifitas sesar renun.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip fault),” kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan kepada wartawan.

Ia menjelaskan gempa bumi tersebut dirasakan di Sidikalang II- III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” tandasnya.(wo)