Bupati Karo Ucapkan Selamat Kepada 35 Anggota DPRD Karo yang Baru Dilantik

Bupati Karo Terkelin Brahmana, membacakan kata sambutan, usai anggota DPRD Karo dilantik. Herman

Karo | Jurnal Asia
Ketua Pengadilan Negeri Kabanjahe Dahlan Tarigan Sresmi melantik 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih  Kabupaten Karo periode 2019-2024, Selasa (1/10/2019) kemarin di ruang Rapat Paripurna, DPRD Karo Jalan Veteran Kabanjahe.

Acara ini dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua DPRD Provsu Baskami Ginting, mewakili Gubsu Kepala Biro Otda Basarinyunus Tanjung, Dandim 0205 /TK, Letkol Inf Taufik Rizal, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu, Kajari Karo Gloria.

Tak luput secara khusus tamu undangan dari anggota DPRD Provinsi Sumut ikut hadir  dalam prosesi pelantikan diantaranya, Ingan Amin Barus, Salnon Sumihar Sagala, Remita Br Sembiring, Siti Aminah Br Perangin Angin, sedangkan anggota DPRD Kota Medan juga tidak mau ketinggalan hadir Sukamto, Edy Eka Surianta Sembiring para ASN Kab. Karo dan para keluarga anggota DPRD yang dilantik.

Usai pengambilan pengucapan sumpah/janji anggota 35 DPRD Karo, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui Bupati Karo Terkelin Brahmana melanjutkan membaca kata sambutan.

Ia memulai dengan menyebut sebuah pantun “Hari kamis memakai baju batik, membeli baju di toko butik. Hari ini kita habis masa politik, kita dukung anggota dewan yang baru dilantik” tuturnya disambut dengan tepuk tangan para tamu undangan

Selanjutnya ditegaskan dalam sambutannya, bahwa DPRD dan kepala daerah berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang diberi mandat oleh rakyat untuk melaksanakan urusan pemerintahan.

“Untuk itu DPRD dan Kepala Daerah berkedudukan sebagai mitra sejajar, namun mempunyai fungsi yang berbeda,” terangnya

Hal ini tentu saya berharap anggota DPRD yang terhormat dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk kembali merajut silaturahim yang mungkin pada saat yang lalu kita berbeda pilihan.

Lanjut Bupati membacakan, siapapun yang telah terpilih dipastikan mengabdi untuk kepentingan seluruh masyarakat.

“Untuk itu saudara anggota DPRD harus terdepan membela dan memperjuangkan kepentingan seluruh masyarakat, tanpa membedakan basis massa yang bukan basis massanya,” ucapnya.

Selanjutnya, kepada seluruh anggota DPRD Kab. Karo masa jabatan 2014-2019 yang lalu, saya atas pemerintah mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas pengabdian dan dedikasi terhadap tugas saudara – saudara jalani, walaupun pengabdian anggita dewan sudah berakhir, namun kontribusi pengabdian untuk masyarakat tidaklah pernah berhenti.

Diakhir kata, Terkelin Brahmana mengatakan diawal membacakan sambutan, membuka dengan pantun, maka selaras, Ia tutup sambutan dengan pantun.

“Naik sepeda disimpan tiga Kabanjahe, sepeda berjalan jangan mendekat, selamat bertugas dewan yang baru, amankan pemerintahan sejahterakan rakyat,” pungkasnya.

Usai acara, selanjutnya ditandai pemberian cenderamata kepada Anggota DPRD Karo  masa bakti 2014-2019 berupa uis beka buluh    (laki laki) uis nipis (perempuan) dalam suku adat karo, dan sebaliknya kepada anggota DPRD Karo masa bakti 2019-2024diberikan pin emas. (wo/Herman)