Bupati Karo Tinjau UNBK di SMA N 1 Kabanjahe

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kadisdik Karo Eddi Surianta dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Syahrial Ginting tinjau pelaksanaan ujian UNBK di SMA Negeri I Kabanjahe. Ist

Karo | Jurnal Asia
Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau UN (Ujian Nasional Berbasis Kompetensi) tingkat SMA , Selasa, (2/4) pagi di SMA Negeri 1 Kabanjahe.

Kedatangan Bupati Karo bersama rombongan disambut hangat oleh Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Syahrial Ginting dan Kepala Sekolah SMA N 1 Kabanjahe Dasli Pelawi.

Selanjutnya, Bupati Karo Terkelin Brahmana langsung menuju ruangan untuk melihat kesiapan UN bagi para siswa/i yang sejak dari tadi pagi sudah masuk ruangan.

“Ya, barusan kita lihat ruangan masuk ruangan semuanya tertib, puji syukur UN di SMAN 1 ini berjalan lancar, anak-anak tampak serius dalam mengikuti ujian,” imbuhnya.

Menurutnya, UN tingkat sederajat SMA bukan tanggungjawab pemda Karo lagi, akan tetapi sudah masuk ke tingkat Provinsi Sumut.

“Berarti bukan kita tidak peduli, sebab yang yang ujian ini anak anak kita semuanya, jadi wajar kami meninjau memastikan kesiapan pihak sekolah dan pengawas  pelaksanaan berjalan lancar dan aman,” jelasnya.

“Oleh sebab itu, berpikir dengan tenang jangan buru-buru membaca soal, agar dapat menjawab semua soal yang disajikan kepada anak anak, sebab jika tidak tenang, pikiran tidak fokus, soal tak akan terselesaikan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kab Karo , DR Eddi Surianta Surbakti, M. Pd mengatakan UN di SMA 1 Kabanjahe menggunakan sistem UN Berbasis Komputer.

“Kita juga mengecek jaringan internet jangan sampai macat, kasihan nanti anak anak kita kalau itu terjadi, yang rugi kita semua ” kata Eddi

Kepala sekolah SMA N 1 Kabanjahe  Dasly Pelawi  menjelaskan, kepada Bupati Karo bahwa sekolahnya sejak diberlakukan UNBK telah menjalankan UN berbasis komputer saat ini.

“Jumlahnya 379 siswa/i dengan 4 lokal namun pelaksanaan menjadi  2 ruangan karena karena ruangannya cukup besar dapat menampung jumlah siswa/i lebih banyak,” jelasnya.

UN tahun 2019 ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari namun tidak berturut turut, sesuai jadwal yang ditetapkan secara serentak  terhitung mulai tanggal 1 April, 2 April , 4 April dan 8 April 2019.

Disisi lain, UN sederajat SMA Se-Kab Karo Kategori SMA ada 24 sekolah, SMK 13 sekolah dan MA (Madrasah Aliyah) 3 sekolah total 40 sekolah. “Semuanya, alhamdulillah 100% ikut UN sudah berbasis UNBK,” ujarnya.

Total siswa yang ikut UN tahun ajaran 2018/2019 berbasis UNBK tahun 2019 ini Se-Kab Karo berjumlah 5464 siswa.(wo)