Bupati Karo Tinjau Karya Bakti Kodim 0205/TK Buka Akses Jalan Deli Serdang-Karo

Pemkab Karo bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf.Taufik Rizal tinjau karya bakti jajaran kodim TMMD Ke 101. Herman

Karo | Jurnal Asia
Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dilaksanakan Kodim 0205/TK mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sebab, tidak lama lagi akses jalan lintas Kabupaten Deli Serdang menuju Karo nantinya dapat dilewati dengan kondisi jalan yang baik, tentu saja memudahkan masyarakat.

Hal ini diketahui ketika Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE didampingi Kasdim 0205/TK Mayor Inf Daulat Marpaung, Camat Barus Jahe Kalsium Sitepu, Sekcam Barus saat meninjau hasil TMMD ke-101 dan Karya Bakti TA 2018 APBD Karo, Rabu (30/1) di Desa Serdang Kecamatan Barus Jahe Karo.

“Peninjauan ini sengaja dilakukan untuk memastikan program lanjutan TMMD Ke-101 tahun 2018 yang telah selesai dikerjakan oleh Kodim 0205/TK yang menelan biaya APBD Karo Rp1,6 Miliyar dengan pengerjaan pembukaan jalan sepanjang 2.7 Km, sedangkan lanjutan pekerjaan diakhir tahun 2018 melalui APBD Karo dengan program Karya Bakti menelan biaya Rp1.5 Miliyar dengan peningkatan jalan sepanjang 2.5 Km,” ujar Taufik.

Ia mengatakan kedua titik ruas jalan ini nantinya berbentuk ringroad. “Telah dikerjakan hingga sekarang hasil cek dilapangan akses jalan sudah dibuka, sampai dengan batas  kami tinjau dengan Bupati Karo, sudah berkisar 5.2 Km dengan lebar 10-12 meter telah selesai dikerjakan,” jelasnya.

Lebih lanjut dari hasil pemantauan juga didapati progres pengerjaan yang hampir rampung.

“Tinggal sedikit lagi, baru sudah siap semua, intinya anggota saya masih bekerja, setelah sampai dibatas kawasan hutan konservasi nanti baru kita berhenti bekerja, karena sesuai spesifikasi yang kami terima dari pihak Pemda Karo, batasnya di perbatasan kawasan hutan konservasi,” ujarnya.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana menngapresiasi kepada Kodim 0205/TK, yang telah bekerja melalui TMMD Ke-101 dan dilanjutkan karya Bakti dengan APBD Karo tahun 2018.

“Sehingga sekarang ini akses jalan sudah dibuka dan sebentar lagi dapat dilalui,” ujar Terkelin

Selain itu, masih dikatakan Bupati, dampak pembangunan jalan sangatlah luas yakni dapat membantu roda perekonomian, bahkan mengurai kemacetan lalu lintas jalan Medan- Berastagi.

“Ini isu yang perlu kita angkat, agar stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya mendukung program jalan alternatif ini, yang lebih spesial mempersingkat waktu ke Bandara Kualanamu, maupun sebaliknya tamu turis dari Kualanamu ke danau toba bisa melalui akses jalan ini,” tandasnya.(wo)