Bupati Karo Hadiri Launching Majalah Katantaras

Bupati karo Terkelin Brahmana menerima majalah Katantaras setelah dilaunching oleh Nelson Barus mewakili redaksi. Ist

Karo | Jurnal Asia
Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kabid Kominfo Elieser Tarigan menghadiri launcing majalah “Katantaras” Minggu (22/9/2019) malam, di Museum Transportasi TMII, Jakarta.

Majalah Katantaras, diterbitkan oleh CV. Aneka Grafindo dengan pendiri bersama Dewan Penyantun diantaranya Simson Ginting, Analgin Ginting, Nelson Barus, Julianus Limbeng, Jecky E Sembiring, Robinson Sitepu.

Mewakili redaksi majalah Katantaras Nelson Barus melakukan peluncuran majalah, kemudian majalah Katantaras diserahkan secara simbolis kepada Bupati Karo sebagai tanda Majalah Katantaras telah resmi diluncurkan.

Menurut Nelson Barus, sesuai perkembangan zaman akhirnya timbul  pemikiran dan ide bertransformasi dari tabloid ke majalah Katantaras bersama panitia pendiri lainnya.

Ia mengatakan Katantaras suatu narasi yang memiliki makna dalam bahasa Karo katanta (kata kita) sedangkan ras (sama) jika digabungkan menjadi kata kita bersama.

“Jadi munculnya majalah Katantaras, mari kita bersama sama memberikan masukan saran, sumbangsih dan memberitakan segala sesuatu tentang informasi di Kab Karo, baik segi pertanian, pariwisata, pendidikan, infrastruktur dan kesehatan hal ini tentu bermanfaat bagi masyarakat Karo yang tinggal diluar Kab Karo, khususnya di se-Jabotabek sekitarnya,” kata Nelson.

Sementara Bupati karo Terkelin Brahmana menyatakan dirinya siap menerima keberadaan majalah Katantaras di Pemda Karo.

“Kita juga apresiasi majalah Katantaras telah  dilaunching, sebab Katantaras  identik artinya sama dengan dari kita, oleh kita untuk kita. Muaranya selalu kebersamaan dan kesepakatan bersama,” ungkapnya.

“Jadilah majalah Katantaras ini bagi kita semua memberikan solusi dan saran konstruktif  demi pembangunan Kab Karo, khususnya budaya Karo kita angkat di dalam majalah tersebut. Generasi penerus dan para milenial akan terbantu dengan penjelasan informasi yang didapat,” sambungnya.

Amatan wartawan, selesai peluncuran majalah Katantaras, para panelis ditampilkan kedepan panggung untuk berdiskusi guna mendapatkan kesimpulan bersama.

Masing-masing panelis diantaranya Prof. Budiayana Br Keliat, Analgin Ginting. Muhammad Tempel Tarigan, Nuah Torong, Matius Purba. Dalam diskusi tersebut sepakat majalah Katantaras sebagai sarana komunikasi media artikel Karo, bertujuan memajukan pembangunan Kab. Karo.

Acara launcing turut dihadiri oleh tokoh tokoh masyarakat Karo Efendi Hansen Sinulingga, Elias Ginting, Liasta Singarimbun, Baltasar Tarigan. (Herman/wo)