BNNK Karo Sosialisasi Pencegahan Bahaya Narkotika

 

BNNK Karo foto bersama peserta yang hadir di aula Halilintar Berastagi. Ist

 

Karo | Jurnal Asia
BNNK (Badan Narkotika Nasional) Kabupaten Karo melaksanakan sosialisasi untuk pencegahan penyalahgunaan Narkoba.

Pencegahan merupakan salah satu kunci yang bisa mengatasi kondisi darurat narkoba saat ini. Upaya pencegahan dilakukan dengan menyasar pada semua usia.

Sosialisasi pencegahan narkoba bersama Karang Taruna, relawan anti Narkoba, tokoh masyarakat, dan kepala desa mengadakan deseminasi informasi melalui talkshow di lingkungan masyarakat dilaksanakan di Aula Halilintar Berastagi, pada Kamis (12/3) kemarin.

Kasi Pemberantasan BNNK Karo, AKP. Robinson Ginting sebagai narasumber, menyampaikan materi pengertian narkoba serta bahayanya dan juga rehabilitasi bagi korban penyalahguna narkoba.

Robinson menambahkan untuk senantiasa berjuang dengan tulus dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

“Untuk merubah lingkungan yang sudah berpredikat zona merah, alias rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba, bukan hal yang mudah, dan tentu saja tidak bisa diubah dalam waktu yang singkat. Meski sulit untuk mengubah mindset masyarakat yang masih terkoneksi dengan kejahatan Narkoba, kita harus terus berjuang dengan penuh ketulusan dan komitmen yang kuat” ujarnya.

Robinson juga mengajak relawan dan karang taruna juga semua lapisan masyarakat agar berperan aktif dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) karena dilindungi oleh Negara tercermin dalam Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika mulai dari pasal 104 s/d 108.

Di dalamnya terdapat hak dan tanggungjawab masyarakat dalam P4GN, diantaranya masyarakat dapat mencari, memperoleh, dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana Narkotika kepada pihak penegak hukum atau BNN, termasuk masyarakat dapat membantu keluarga korban penyalahguna atau pecandu narkoba agar mau di rehabilitai.(Herman)