Bila Akses Jalan Deli Serdang-Karo Rampung, Jarak Tempuh Bandara Kualanamu ke Berastagi Semakin Dekat

Pemkab Karo bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf.Taufik Rizal tinjau karya bakti jajaran kodim TMMD Ke 101. Herman

Karo | Jurnal Asia
Akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Deli Serdang menuju Kabupaten Karo masih dalam progres pengerjaan.

Bila akses jalan ini rampung, maka jarak tempuh dari Bandara Kualanamu menuju kawasan wisata Berastagi akan semakin singkat.

“Jalan alternatif ini yang lebih spesial mempersingkat waktu ke Bandara Kualanamu, maupun sebaliknya tamu turis dari Kualanamu ke Danau Toba bisa melalui akses jalan ini,” ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana saat meninjau hasil TMMD ke-101 dan Karya Bakti TA 2018 APBD Karo, Rabu (30/1) di Desa Serdang Kecamatan Barus Jahe Karo.

Sementara, Kepala Bappeda Kabupaten Karo Ir Nasib Sianturi menjelaskan karya bakti yang dilakukan oleh Kodim 0205 /TK membuka akses jalan Deli Serdang –  Karo, sementara hanya dapat bekerja sepanjang 2.5 Km sesuai peta dan spesifikasi yang dikeluarkan.

“Kendalanya masih ada lagi sepanjang 2.2 Km masuk wilayah hutan konservasi dan semua ini butuh izin ke menteri kehutahan,” ujar Nasib.

Sianturi menegaskan, pihaknya akan segera mengusulkan surat ke tingkat Provinsi  dan selanjutnya mengeluarkan izin rekomendasi yang nantinya akan diteruskan ke Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan di Jakarta.

“Iya, ya dalam minggu ini akan saya kirim suratnya, jika sudah ada kepastiannya saya akan kordinasi dengan Dandim 0205 /TK, untuk karya bakti selanjutnya,” tukasnya.(herman/wo)