Asahan Porak Poranda Diterjang Puting Beliung, Listrik dan Telekomunikasi Putus!

 

Satu unit mobil tertimpa pohon tumbang. Ist

Asahan | Jurnal Asia
Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Sumatera Utara, Selasa (3/9/2019) kemarin mengakibatkan sejumlah rumah, kantor pemerintah, saluran drainase rusak diterjang angin puting beliung di Kabupaten Asahan.

Bukan itu saja, angin puting beliung juga memutus saluran telekomunikasi dan jaringan listrik dan juga sekitar puluhan pohon bertumbangan.

Informasi dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahaan, Rabu (4/9/2019) adapun wilayah yang mengalami kerusakan meliputi tiga kecamatan yakni Kecamatan Kecamatan Rahuning, Kecamatan Air Batu,  dan Kecamatan Kota Kisaran Barat.

Jumlah kerusakan terdiri atas rumah tempat tinggal 7 unit rusak ringan di Kecamatan Kota Kisaran Barat, 1 rumah rusak sedang  dan 1 rumah rusak ringan di Kecamatan Air Batu.

Terputus dan rusaknya jaringan telekomunikasi di 6 lokasi (Desa Batu Anam,  Desa Perk.  Air Batu 3/9,  Jl. Sumantri 2 lokasi – Jl. Besar Sidodadi – Jl.  Mahoni Kec. Kota Kisaran Barat).

Rusak dan terputusnya aliran listrik PLN di 6 lokasi (Desa Batu Anam,  Jl Sumantri 3 lokasi – Jl. Besar Sidodadi,  Jl.  Mahoni Kec. Kota Kisaran Barat). Lebih dari 50 pohon tumbang di beberapa lokasi di Desa Batu Anam Kec. Rahuning, Desa Perk Air Batu 3/9, terbanyak Kec. Kota Kisaran Barat.

Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp685 Juta. Situasi saat ini dilaporkan masih aman dan terkendali, tim BPBD bersama OPD terkait juga tengah melakukan kajian dampak kerusakan dan evakuasi warga terdampak maupun pohon tumbang.(wo)