Antisipasi Covid-19, Bupati Karo : Edukasi Cuci Tangan Kebersihan Pangkal Kesehatan

Bupati Karo Terkelin mengedukasi setiap orang masuk ke dalam kantor bupati, harus terlebih dahulu cuci tangan menjaga antisipasi virus corona. Ist

Karo | Jurnal Asia
Bupati Karo Terkelin Brahmana, didampingi Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kabag Umum Hotman Brahmana, menyediakan tempat dan sabun untuk melakukan cuci tangan dalam antisipasi peyebaran virus corona, Senen (23/3/2020) di pintu gerbang masuk halaman kantor Bupati Kabanjahe.

Menurut Terkelin, sebelum masuk ke kantor Bupati akan terlihat tulisan himbauan bagi setiap orang yang lewat, namun diutamakan bagi pejalan kaki, agar singgah dulu ditempat yang telah disediakan untuk mencuci tangan sebelum melanjutkan perjalanan kedalam ruangan kantor Bupati atau ke kantor OPD lainnya.

“Iya, tadi kita sudah arahkan buatkan SOP (standar operasional prosedur) agar anggota satpol PP selalu antisipasi setiap orang yang masuk, agar disapa, dan diarahkan secara sopan berikan edukasi pentingnya cuci tangan, guna menghindari penyebaran virus corona (Covid-19),” jelas Terkelin.

Baca Juga : Derita Keluarga Driver Online Tewas Dirampok, Istri Korban : Pelaku Dihukum Mati Pak

Saat dirinya memasuki halaman kantor bupati bersama staf yang lain, ia memberikan contoh dan mengajak masyarakat dan pegawai lainnya untuk antri bersama yang lain, dan memperagakan cara mencuci tangan yang benar.

Dalam memperagakan, Terkelin mengajak dan mengedukasi untuk menyanyikan dua baris lirik lagu “Tanah Karo Simalem” dan tidak terasa cuci tangan selesai, disamping itu cuci tangan ini sangat bermanfaat karena kebersihan adalah pangkal kesehatan.

Baca Juga : Merugi Rp400 Juta, Puluhan Orang Jadi Korban Penipuan Arisan Online di Medan

Salah satu warga Kabanjahe, Andi (30) yang sedang melintas hendak mengurus surat ke kantor bupati, ikut berhenti sejenak dan antri untuk mencuci tangan, guna menekan penyebaran virus corona yang diedukasi oleh Bupati Karo.

Baca Juga : Kecelakaan di Jl Cemara, Pengendara Sepedamotor Terkapar Ditabrak Mobil Brio

Andi menilai, sikap edukasi bupati ini cukup luar biasa sebagai ada kepedulian untuk bumi turang ini. “Sebenarnya jujur, saya tadi kurang kenal dengan bupati tapi dengan sikapnya yang ramah, menunjukkan pemimpin yang dekat dengan masyarakat,” katanya.

Dipihak lain, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, mengatakan sangat mengapreisasi tindakan yang dibuat oleh Pemkab Karo dalam hal mengajak dan mengedukasi setiap orang yang hendak ke kantor bupati. (Herman)