Tiket Kereta Api Lokal, Bisa Dipesan Melalui KAI Access

Keterangan : Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, M.Ilud memberi keterangan terkait KAI Access di Medan, Senin (4/3).Netty

Medan  | Jurnal Asia
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara membuka akses pemesanan tiket kereta api lokal melalui aplikasi KAI Access. Sistem yang sudah berlaku sejak 1 Maret 2019 ini belaku untuk KA Sri Lelawangsa jurusan Medan-Binjai dan KA Cut Meutia jurusan Krueng Mane-Krueng Geukueh

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, M.Ilud mengatakan,
metode pembayaran tiket melalui KAI Access menggunakan LinkAja. LinkAja merupakan aplikasi pembayaran digital karya dari Sinergi BUMN.

“Untuk pembelian tiket KA lokal dilakukan pada menu Local Train di aplikasi KAI Access. Dan periode pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini bisa dipesan pada Hari H (Go Show),” katanya di Medan, Senin (4/3).

Ia menjelaskan, pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini berlaku satu identitas penumpang hanya untuk satu relasi/rute KA pada hari yang sama.

Nantinya, penumpang yang membeli tiket KA Lokal di KAI Access, cukup menunjukkan Kartu Identitas asli sesuai nama pada tiket dan E-Boarding Pass saat melakukan boarding untuk naik KA.

“KAI melihat bahwa animo masyarakat sangat tinggi terhadap moda transportasi KA Lokal. Sebelumnya, penumpang masih harus mengantre panjang hanya untuk membeli tiket KA Lokal. Kini, calon penumpang semakin mudah untuk memesan tiket KA lokal hanya dengan melalui smartphone mereka di mana saja dan kapan saja,” pungkasnya.

Ilud menilai hadirnya alternatif metode pembayaran untuk berbagai layanan KAI menggunakan LinkAja juga akan mempermudah calon penumpang.

“Sinergi BUMN melalui LinkAja ini penting untuk memajukan bangsa, di mana sesama BUMN saling bersatu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tutup Ilud.(nty)