Stok Beras di Bulog Sumut 53.384 Ton

 

Pasokan beras di gudang Bulog Divre Sumut.Netty

Medan | Jurnal Asia
Perum Bulog Divre Sumatera Utara (Sumut) pastikan ketersediaan beras dalam mensuplai kebutuhan masyarakat di moment Natal dan Tahun Baru 2020 bakal aman. Stok beras di gudang Bulog Sumut mencapai 53.384 ton.

Humas Kanwil Bulog Divre Sumatera Utara (Sumut), Karni mengatakan, dengan stok beras sekitar 53.384 ton maka kebutuhan beras aman untuk Natal dan Tahun Baru. Bahkan, bisa mencukupi hingga 3-4 bulan mendatang.

“Pasokan beras di gudang Bulog Sumut aman. Bukan hanya beras, Bulog juga menyediakan daging kerbau beku sebanyak 53,8 ton,” katanya, Selasa (3/12/2019).

Karni melanjutkan, Bulog juga memiliki Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang disimpan di seluruh gudang beras di Indonesia. Namun, CBP itu untuk musibah-musibah bencana, banjir, kebakaran, kelaparan.

Saat ini, total CBP dengan usia penyimpanan lebih dari satu tahun mencapai lebih kurang 20 ribu ton. Dan beras yang disimpan dalam kondisi lama dapat berpengaruh terhadap kualitasnya namun akan diupayakan agar beras itu dirawat sehingga kualitasnya bisa baik.

“Bulog tetap menyediakan beras itu di gudang-gudang yang sewaktu-waktu apabila dibutuhkan itu maka akan dikeluarkan untuk kebutuhan bencana alam atau lainnya,” terangnya.

Ia berharap, ada kebijakan pemerintah sehingga stok beras itu tidak menumpuk di gudang-gudang Bulog Divre ini.

“Tentu Bulog itu punya penggadaan, menyimpan komoditi, dan kita sekarang ini harapannya bagaimana dan kemana penyaluran CBP ini,” pungkasnya.(nty)