Siasati Gempuran Toko Online, Mal di Medan Dituntut Kreatif dan Inovatif

Program Belanja : Manajemen Mall Centre Point Medan kembali meluncurkan program belanja bertema Shopping Vaganza 2019, Senin (8/4) malam.Netty

Medan | Jurnal Asia
Tidak dapat dipungkiri, di era digitalisasi, persaingan usaha antara pusat perbelanjaan atau toko offline dengan toko online sangat ketat. Sudah seharusnya mal atau toko offline di Medan lebih berbenah dan kreatif dalam menyajikan program ke konsumen sehingga gempuran toko online dapat diatasi.

Wakil Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Sumatera Utara (Sumut) sekaligus General Manager Mall Centre Point Medan, Liany Simatupang mengatakan, masih banyak masyarakat yang ingin melihat dan mencoba produk jika ingin membeli. Meski banyak toko online, pusat perbelanjaan modern sudah menjadi destinasi wisata di mana masyarakat tidak hanya sekadar belanja tetapi juga ingin menghabiskan waktu di mal.

“Manajemen lebih tertantang dengan menjamurnya toko-toko online. Karena itu, kami dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif, bukan hanya dari segi pelayanan atau menyediakan kebutuhan tetapi juga harus memberikan penghargaan kepada para konsumen,” katanya disela pengundian Big Bang Celebration Shopping Vaganza 2018, Senin (8/4) malam.

Liany menambahkan, salah satu program loyalti ke konsumen yang dijalankan pihaknua sejak 2017 hingga saat ini adalah Shopping Vaganza. Program ini memberikan kesempatan bagi pengunjung yang berbelanja atau makan di mal tersebut mendapatkan berbagai hadiah.

Selama dua tahun berjalan, kata dia,  program belanja ini mendapatkan respon positif dari pelanggan. Tentunya hal itu membuat pihaknya lebih optimis masih banyak masyarakat yang suka berbelanja offline ke mal.

“Di Big Bang Celebration ini terkumpul sebanyak 32.177 kupon undian belanja. Ini membuktikan bahwa masyarakat Medan masih suka jalan-jalan ke mal untuk belanja dan lainnya,” ujarnya.

Board of Director Mall Centre Point Medan, Irene Tanzil menambahkan, sebagai terobosan selanjutnya, pihaknya kembali melanjutkan program tersebut dengan tema Shopping Vaganza 2019. Pelanggan kembali berkesempatan mendapatkan hadiah seperti smartphone, vocer belanja, tahapan BCA, perhiasan berlian hingga mobil.

Penyelenggaraan Shopping Vaganza 2019 dilakukan dengan tiga periode pengundian kupon. Nantinya, pengundian akan dilaksanakan pada Juli 2019, November 2019 dan 2020.

Tentunya, tambah Irene, pasti ada yang berbeda dari program ini baik secara regulasi dan penerapan program karena ada penyempurnaan. Dengan harapan, dapat memberikan respon positif ke seluruh pelanggan.

“Selain menyediakan produk dan pelayanan yang bagus untuk membuat konsumen puas, kita juga memberikan apresiasi ke mereka. Sehingga konsumen tidak hanya belanja saja tetapi bisa mendapatkan hadiah,” pungkasnya.(nty)