Sentuh Rp16.050 Per US Dolar, Rupiah Terus Melemah

Ilustrasi kurs mata uang dunia, rupiah terus melemah. Ist

 

Medan | Jurnal Asia
Kinerja mata uang rupiah pagi ini mengalami pelemahan yang cukup dalam. Saat ini rupiah diperdagangkan dikisaran harga 15.800 hingga 16.050 per US Dolar.

“Kinerja mata uang Rupiah terpuruk ditengah minimnya sentiment pasar yang mampu membalikan keadaan saat ini,” kata Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin, Kamis (19/3/2020).

Kinerja mata uang rupiah ini sangat mengkhawatirkan karena menembus level 16.000. Level pelemaham rupiah ini pernah dicapai saat krisis tahun 1997 / 1998 silam.

Namun, kata dia, tentunya berbeda dengan kondisi 22 tahun tersebut. Nilai fundamental rupiah saat ini uang mampu menahan pelemahan itu dikisaran 17 ribuan per US Dolar.

Belum bisa disimpulkan bahwa pelemahan rupiah ini menjadikan kita masuk dalam krisis ekonomi. Semuanya masih terkendali, hanya saja dampak dari penyebaran virus corona ini yang membuat kondisi ekonomi makro kita kian terpuruk.

Menurutnya, aktifitas ekspor impor memang akan mengalami gangguan. Namun gangguan ini sifatnya mendunia bukan hanya Indonesia yang merasakan.

Di tengah tekanan ekonomi global belakangan ini, sulituntuk menarik investasi atau melakukan intervensi atau menyesuaikan kebijakan moneter dalam menghadapi tekanan rupiah. Sebab masalah fundamentalnya adalah corona. (nty)