Sentra UKM Bank Sumut Fasilitasi Sarana Edukasi Wirausaha

Ketua Panitia Program Sentra UMK Bank Sumut Ria menunjukan hasil produk UMKM

Medan | Jurnal Asia

Bank Sumut memberikan solusi cerdas bagi masyarakat yang bingung untuk memulai sebuah usaha, lewat salah satu program dari Sentra Usaha Kecil Mikro (UKM) Bank Sumut yang memberikan fasilitas berupa sarana edukasi entrepreneurship (wirausaha).

“Selain merupakan pusat oleh-oleh kota Medan, Sentra UKM ini juga jadi sarana edukasi enterpreneurship  yang bisa dijadikan media belajar untuk memulai usaha dan diberi pendampingan. Misalnya saja belajar packaging  atau desain agar produknya jadi lebih bagus,” kata Ria, Ketua Panitia Program Sentra UKM Bank Sumut saat ditemui di Sentra UKM, Jalan Sei Serayu No.103 Medan, Rabu (5/12).

Apalagi bagi yang mau mengurus izin-izin, pihaknya juga akan melakukan pelatihan dan akan mendatangkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) perwakilan Sumut dan Disperindag agar bisa membatu.

“Gak ada syarat untuk masuk ke sentra UKM. Syaratnya hanya punya produk. Terkait izin kita sama sama belajar bagaimana caranya menemukan solusi agar mereka mendapatkan izin,” ungkapnya.

Selain itu, Sentra UKM ini juga jadi pusat oleh-oleh kota Medan yang dapat dibawa pulang sebagai buah tangan berupa cemilan, souvenir, aksesoris, dan lainnya yang produknya dihasilkan oleh para penggiat UKM di Sumut.

Harganya pun rata-rata sangat terjangkau, karena visi didirikannya Sentra UKM ini salah satunya membantu para UKM untuk memasarkan produknya dan juga mempromosikan produknya agar dikenal oleh masyarakat, dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. (Tengku Putri/Wo)