Sejumlah Bank Buka Terbatas Selama Libur Lebaran

 

Ilustrasi kegiatan perbankan.Ist

Medan | Jurnal
Sesuai dengan keputusan pemerintah, bank akan beroperasi penuh lagi mulai Senin (10/6) mendatang. Namun, selama libur Lebaran, sejumlah bank akan buka terbatas diantaranya, Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, selain ketiga bank ini, ada beberapa bank swasta juga membuka sejumlah kantor cabangnya dengan operasional terbatas. Ini dilakukan untuk melayani setoran dan penarikan masyarakat.

“Dengan operasional terbatas ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat yang membutuhkan layanan perbankan,” katanya, Selasa (4/6).

Secara umum, sambungnya, persediaan uang baik pecahan besar dan kecil di Sumut cukup. Ini ditandai dengan jumlah uang yang ditarik oleh perbankan dari BI Medan selama bulan puasa (2-29 Mei 2019) sampai dengan sebelum libur bersama (tanggal 30 Mei 2019) mencapai Rp5,02 triliun yang terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) sebesar Rp4,2 triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) sebesar Rp800,2 miliar.

Jumlah UPB sebesar Rp4,2 triliun, kata Wiwiek, akan digunakan oleh perbankan untuk memenuhi kebutuhan uang di masyarakat termasuk untuk kebutuhan ATM. Mulai dari pusat-pusat perbelanjaan, mall/plaza, tempat-tempat wisata hingga gerai-gerai ATM.nty