PT KAI Divre I Sumut Salurkan Dana CSR Sebesar Rp54 Juta untuk Sarana Ibadah

 

Deputy Vice President PT KAI Divre I Sumut Zakaria serahkan bantuan CSR.Ist

Medan | Jurnal Asia
PT KAI (Persero) Divre I Sumut melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilaksanakan di tiga lokasi. Dana CSR yang disalurkan untuk sarana ibadah tersebut sekitar Rp54 juta.

Program CSR ini berupa bantuan sarana dan prasarana Pondok Pesantren As Syafi’iyah Komplek Griya Marelan Kp Jambur Jalan Inspeksi Sei Deli Blok N Ling. 34 Rengas Pulau Medan sebesar Rp20.000.000. Kemudian, bantuan pembangunan Masjid Perjuangan 45 Jalan Prof H. M Yamin SH No 51 Medan sebesar Rp20.750.000 dan pembangunan ruang staff atau kaur desa afdeling rantau prapat sebesar Rp13.250.000.

Pemberian bantuan dilakukan secara simbolis oleh Deputy Vice President PT KAI (Persero) Divre I Sumut Zakaria mewakili Vice President PT KAI (Persero) Divre I Sumut, Rudi Haryono.

Manager Humas Divre I SU, M Ilud Siregar mengatakan, pada program CSR untuk sarana ibadah dilaksanakan di tiga lokasi.
Kegiatan dilakukan mulai Senin, 1 Juli 2019 sampai Selasa 2 Juli 2019.

“Dari keseluruhan kegiatan PT. KAI telah menyalurkan bantuan dana sebesar Rp54.000.000 untuk ketiga lokasi tersebut,” katanya, Rabu (3/7).

Ia melanjutkan, KAI juga turut serta memperhatikan lingkungan sekitar dan tidak hanya fokus kepada bisnis perusahaan saja.

“Dalam hal ini, KAI tidak menjalankan program perusahaan dengan tujuan pendapatan saja. Melainkan mempunyai tanggung jawab sosial terhadap pembinaan lingkungan sekitarnya yang diwujudkan dalam bentuk Bina Lingkungan baik berupa pengembangan prasarana atau sarana umum juga sarana ibadah serta Pelestarian lingkungan hidup,” ujarnya.

Selain itu, penyaluran dana untuk ketiga lokasi tersebut telah sesuai dengan visi dan misi PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang berkomitmen untuk memberikan layanan sosial melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka mengelola hubungan internal dan eksternal yang fokus pada pembinaan komunitas.

Pemberian bantuan juga telah melalui proses survei yang dilaksanakan oleh tim CSR PT KAI (Persero) Divre I SU dan mereka dinyatakan memenuhi syarat untuk diberikan bantuan.

“Bantuan CSR ini kami berikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial PT Kereta Api terhadap masyarakat, mudah-mudahan bantuan yang besarannya mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan ini bisa bermanfaat dan tepat sasaran,” ucapnya.

Ilud menjelaskan bahwa tahun 2018 PT KAI Divre (Persero) I Sumut telah menyalurkan total dana CSR untuk Bina Lingkungan sebesar Rp821.410.280 dan untuk Program Kemitraan sebesar Rp.170.000.000. Pada ahun 2019 dari Januari sampai 2 Juli 2019 sudah menyalurkan dana CSR dibeberapa lokasi sebesar Rp. 243.842.000.

“Harapannya tahun 2019 ini PT KAI Divre I SU bisa lebih banyak lagi menyalurkan dana CSR. Harapannya tahun 2019 ini PT KAI Divre I SU bisa lebih banyak lagi menyalurkan dana CSR,” tutupnya.(nty)