Pertamina MOR I Hadirkan Ucok Warrior di Paringatan Bulan K3

 

GM Pertamina MOR I, Agustinus Santanu Basuki di kegiatan K3.Ist

Medan | Jurnal Asia
Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mengadakan serangkaian kegiatan memperingati Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Rangkaian aktivitas K3 akan berlangsung hingga Februari 2020 di seluruh wilayah operasi MOR I.

General Manager Pertamina MOR I, Agustinus Santanu Basuki mengatakan, rangkaian kegiatan peringatan bulan K3 ini dibuka dengan Behaviour Based Safety dan HSSE Experience Zone pada 15 Januari 2020. Behaviour Based Safety merupakan kegiatan sharing session mengenai K3 yang diisi oleh spesialis K3 dari PT Badak LNG.

Selain itu, ada juga kegiatan Ucok Warrior. Kegiatan ini berbentuk permainan ataupun tantangan, dengan konsep masing-masing tantangan dilatarbelakangi dari beberapa kasus insiden yang mungkin terjadi di lingkungan kerja Pertamina seperti bekerja di ketinggian, berkendara yang baik, memadamkan kebakaran, dan lain-lain.

Santanu berharap, seluruh insan Pertamina di MOR I untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan K3 di MOR I.

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang diterapkan dengan baik oleh pekerja akan meningkatkan kinerja sehingga masyarakat menikmati produk-produk Pertamina yang dihasilkan dengan maksimal,” katanya, Kamis (16/1/2020).

Selain kegiatan Behaviour Based Safety, HSSE Experience Zone, dan Ucok Warrior, rangkaian kegiatan lainnya adalah Campaign SPBU di Sumbar, Paramedic Upskilling, dan Workshop Upskilling HSSE. Pertamina MOR I juga akan mengadakan tes narkoba kepada para pekerja dan mitra kerjanya.

Ada juga kegiatan Military Contingency Plan, yang melatih para personel TNI dalam Mengemudikan Mobil Tangki secara aman. Tujuannya agar personel TNI dapat sewaktu-waktu menggantikan tugas awak mobil tangki pertamina apabila terjadi Gangguan operasional, bencana alam, dan lainnya .

Seluruh kegiatan ini berlangsung dari 15 Januari 2020 hingga 15 Februari 2020 di lingkungan MOR I.

Secara umum, tema dari bulan K3 2020 di Pertamina adalah Tingkatkan kompetensi pengelolaan risiko HSSE untuk membangun budaya HSSE, meningkatkan daya saing perusahaan di era revolusi industri 4.0 dan mewujudkan business sustainability.(nty)