Pengadaan Beras Petani di Bulog Sumut Capai 11.868  ton

 

Stok beras Bulog di Sumut.Netty

Medan | Jurnal Asia
Perum Bulog Sumatera Utara (Sumut) telah membeli beras petani sekitar 58 persen dari target sepanjang tahun hingga pekan ketiga September 2019. Target pembelian beras petani pada tahun ini 20.433 ton.

“Pengadaan beras petani Bulog Sumut sudah 11.868  ton dari target sepanjang 2019 yang sebanyak 20.433 ton,” kata Kepala Perum Bulog Sumut, Basirun di Medan, Senin (30/9)

Menurut dia, pembelian beras petani yang terus bertambah itu menggembirakan Bulog. Apalagi, jumlah pembelian beras petani itu tercatat terbanyak dalam sejarah pembelian.

“Bulog terus berupaya bisa mencapai target pembelian tahun 2019 yang sebanyak 20.433 ton, walau masih kurang yakin mengingat tinggal tiga bulan lagi,” ujar Basirun.

Dia menegaskan, pembelian beras sebanyak 11.868 ton  itu membuat ketersedian beras di Sumut semakin aman. Ketersediaan atau stok beras Bulog Sumut  saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hampir enam bulan ke depan.

Bulog Sumut, sambungnya, terus berupaya meningkatkan pembelian beras petani termasuk membeli secara komersial. Meski dalam pembelian, ujar dia,  salah satu kendalanya adalah harga jual beras atau gabah petani yang selalu di atas harga pembelian pemerintah (HPP).

Sesuai Inpres No 5 tahun 2015, harga beli beras petani medium l ditetapkan Rp7.300 per kilogram dan ditambah fleksibilitas 10 persen, maka harga beli menjadi Rp8.030 per kilogram. Sementara, harga jual beras petani di Sumut sudah di atas HPP itu.(nty)