Pemesanan Tiket Kereta Api di Sumut Periode Lebaran Masih 2 Persen

Kereta Api : Para penumpang sedang bersiap untuk naik kereta api.Netty
Rubrik Bisnis

Medan | Jurnal Asia
Pemesanan tiket kereta api di Sumatera Utara masa angkutan lebaran 2019 baru terealisasi kurang lebih 2 persen dari 152.152 tiket yang tersedia. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumut pastikan tiket KA lebaran masih tersedia.

Manager Humas PT KAI (Persero) Divre I Sumut, M Ilud Siregar mengatakan, pemesanan tiket masa angkutan lebaran 2019 sudah sejak 25 Februari 2019. Tiket yang dijual mulai dari keberangkatan 26 Mei 2019 (H-10 Lebaran).

“Untuk masa anggutan Lebaran, kami sediakan 152.152 tiket. Dan sampai saat ini masih di pesan sekitar 2 persen dari tiket yang tersedia,” katanya, Kamis (11/4).

Ilud merinci, untuk riket KA kelas eksekutif yang terjual sebanyak 151 tiket, bisnis 60 tiket, ekonomi 2.825 tiket dengan KA Sri Bilah Utama, Sri Bilah Premium dan Putri Deli yang penjualan tiket sejak H-90 (90 hari sebelum keberangkatan), H-30 (30 hari sebelum keberangkatan) untuk KA Siantar Ekspres dan Go Show untuk KA Sri Lelawangsa.

Pemesanan dapat dilakukan di website kai.id, KAI Access, mulai pukul 00.00 WIB, sedangkan untuk channel eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI. Memperhatikan hari libur nasional dan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, KAI Divre I SU memperkirakan puncak Arus Mudik akan terjadi Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) dan puncak Arus Balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 (H+3).

Selama Lebaran 2019, KAI Divre I SU mengoperasikan 40 KA Reguler terdiri dari 6 Perjalanan KA Sri Bilah Utama relasi Medan-Rantau Prapat (PP), 2 Perjalanan KA Sri Biliah Premium relasi Medan-Rantau Prapat (PP), 6 Perjalanan KA Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai (PP), 2 Perjalanan KA Siantar Ekspres relasi Medan-Siantar (PP) dan 24 Perjalanan KA Sri Lelawangsa relasi Medan-Binjai (PP).

“KAI Divre I Sumut menyediakan kurang lebih 17.728 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal setiap harinya,” terangnya.

Dalam rangka menghadapi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI Divre I Sumut telah melakukan langkah antisipasi berupa tuning dan optimalisasi database sistem ticketing serta penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket dapat berjalan dengan lancar.

“KAI Divre I Sumut meminta agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019,” ucapnya.

Ilud mengingatkan, bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit, karena jika tidak maka tiket yang ia pesan akan terjual kembali.

“KAI Divre I Sumut juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” tandasnya.(nty)