Pembayaran PBB Secara Online Diharapkan Membantu Maksimalkan Pendapatan Daerah

Kerjasama : Co-Founder dan Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid melakukan penandatangan nota kerjasam disaksikan Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumut, Andiwiana, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, T.M. Jeffry dan Wali Kota Binjai, H.M Idaham, kemarin.Ist

Medan | Jurnal Asia
Bukalapak melakukan kerja sama strategis dengan Pemerintah Kota Binjai, Bank Indonesia dan Bank Sumut demi memberi kemudahan bagi masyarakat di Sumatera Utara untuk melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online melalui aplikasi Bukalapak yang dapat diakses di awal Mei 2019.

Data dari Bank Sumut selaku Bank penerimaan kas daerah, dana PBB yang belum terbayar oleh masyarakat setiap tahunnya dapat mencapai ratusan miliar rupiah. Pembayaran PBB secara online melalui aplikasi Bukalapak diharapkan dapat membantu memaksimalkan pendapatan daerah melalui dana pajak dan mendorong optimalisasi pembangunan daerah.

Kepala Cabang Bank Sumut di Binjai, Budi Anshari Nasution mengatakan, memang ada beberapa kendala bagi masyarakat Sumatera Utara untuk membayar PBB. Misalnya banyaknya pemilik properti yang tinggal di luar kota sehingga sulit melakukan proses administrasi secara langsung atau karena kesibukan pekerjaan sehari-hari yang mengakibatkan kelupaan membayar pajak.

“Kami harap dengan adanya program ini, pembayaran pajak masyarakat bisa dipermudah,” katanya, kemarin.

Kerjasama strategis ini adalah bagian dari inovasi Bukalapak untuk mendorong terciptanya e-government bersama pemerintah daerah. Dengan adanya nota kerjasama ini, Kota Binjai menjadi pelopor layanan pembayaran PBB secara online di seluruh Sumatera Utara.

Co-Founder dan Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid menambahkan, pihaknya hadir di tengah masyarakat Indonesia untuk memberikan solusi melalui pemanfaatan teknologi pintar. Dengan kolaborasi e-government untuk pembayaran PBB ini, diberharap semakin menambah pilihan metode pembayaran sehingga memudahkan masyarakat melakukan pembayaran tanpa terkendala waktu dan lokasi.

“Selain pembayaran pajak secara online, nota kerjasama ini juga mencakup pembinaan pemasaran produk UMKM Kota Binjai melalui berbagai program. Hingga tahun 2019, sebanyak lebih dari 100.000 UMKM di Sumatera Utara telah bergabung di Bukalapak dan ribuan diantaranya merupakan UMKM Kota Binjai,” tuturnya.

Wali Kota Binjai, H.M Idaham menambahkan, erja sama ini tentu dapat semakin memaksimalkan potensi daerah Kota Binjai dan lebih luas lagi Provinsi Sumatera Utara melalui pembayaran pajak dan peningkatan produktivitas para UMKM.

“Semoga program kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh seluruh masyarakat,” tandasnya.(nty)