Mal di Medan Jadi Destinasi Wisata

General Manager Mall Centre Point Medan, Liany Simatupang (tengah) di sela pengundian Shopping Vaganza 2019.Netty

Medan | Jurnal Asia

Pusat perbelanjaan modern (mal) sudah menjadi salah satu tempat wisata bagi masyarakat. Karenanya, mal dituntut untuk lebih kreatif menyajikan program dan berbagai hiburan menarik agar memikat pengunjung sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik di kota tersebut.

Wakil Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Sumatera Utara (Sumut) sekaligus General Manager Mall Centre Point Medan, Liany Simatupang mengatakan, jika manajemen pusat perbelanjaan modern di Kota Medan terus berbenah dan menyajikan sesuatu yang baru, pasti banyak pengunjung yang datang.

Begitupun, lanjutnya, mal bukan hanya dikunjungi oleh masyarakat menengah ke atas yang membutuhkan brand ternama ataupun makanan dengan harga yang “lumayan”. Oleh karena itu, pihaknya mengandeng sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar mal dapat dijangkau oleh semua kalangan.

“Mal adalah destinasi wisata belanja biarkan pengunjung yang memilih. Rasanya tidak adil jika mal hanya menyediakan sesuatu yang mewah-mewah jadi kita menggandeng puluhan UMKM lokal baik UMKM kuliner atapun kerajinan tangan untuk menawarkan produknya di mal,” katanya pada penarikan undian Shopping Vaganza 2019 tahap pertama, Senin (8/7).

Dengan memberikan ruang bagi pelaku UMKM, tambah Liany, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian pelaku UMKM di Medan. Selain dapat menaikkan brand produk milik mereka, pelaku UMKM juga dibantu dengan sistem kemudahan pembayaran dalam bertransaksi dengan non tunai.

“Kita berharap, keberadaan UMKM di mal-mal Kota Medan dapat menambah jumlah kunjungan,” tegasnya.

Tentunya, mal bukan hanya memperhatikan rekan bisnis saja tetapi juga harus memberikan apresiasi bagi konsumen. Di Mall Centre Point Medan sendiri, kata dia, kerap menghadirkan program loyalti ke konsumen sejak 2017 hingga saat ini yakni Shopping Vaganza.

Program ini memberikan kesempatan bagi pengunjung yang berbelanja atau makan di mal tersebut mendapatkan berbagai hadiah. Di 2019 ini, untuk tahap pertama, pihaknya membagikan hadiah paket perjalanan wisata ke luar negeri dan dalam negeri.

“Di tahap pertama pengundian ini, kita berikan 8 paket perjalanan keluar negeri dengan rincian 4 paket untuk perjalanan ke luar negeri dan 4 paket ke Bali,” ucapnya.

Board of Director Mall Centre Point Medan, Irene Tanzil menunjukkan kupon pemenang.Netty

Ia menambahkan, dengan adanya program loyalti ke konsumen memberikan dampak positif terhadap tingkat kunjungan. Di mana tahun ini jumlah kunjungan meningkat 35 persen di banding tahun lalu.

“Di Shopping Vaganza 2019 tahap pertama ini terkumpul sebanyak 75 ribu kupon undian belanja selama tiga bulan terakhir dan sedikitnya ada 100 ribu lebih pengunjung baru yang datang ke mal ini. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Medan masih suka jalan-jalan ke mal untuk belanja dan lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Julia selaku Branch Manager Consumer Card BCA Medan dan juga konsumen setia mengungkapan, program loyalti kepada konsumen seperti ini sangat bagus sekali. Sebagai costumer, ia berharap program ini tetap ada dan menyediakan hadiah yang lebih banyak, sehingga semakin besar kesempatan menang.

“Selama ini sudah berjalan bagus, harapannya lebih bagus lagi. Dan tetap mempertahankan keamanan dan kenyamanan di mal,” tukasnya.(nty)