Kondisi Ekonomi Konsumen Sumut Terus Membaik

ITK Sumut : Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi beri penjelasan terkait ITK Sumut.Netty

Medan | Jurnal Asia
Kondisi ekonomi masyarakat Sumatera Utara (Sumut) terus membaik. Hal ini bisa dilihat dari angka Indeks Tendensi Konsumen  (ITK) Sumut pada triwulan IV tahun 2018 sebesar 110,62 lebih tinggi dibandingkan triwulan III 2018 yang mencapai 97,16.

“Angka ITK Sumut menunjukkan adanya kenaikan. Ini berarti, kondisi ekonomi konsumen lebih optimis atau lebih baik,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi, Kamis (7/2).

Membaiknya kondisi ekonomi konsumen terutama didorong oleh tingginya ketiga indeks variabel pembentuk ITK terutama variabel pengaruhnya inflasi terhadap tingkat konsumsi sebesar 113,03.

Suhaimi melanjutkan, nilai ITK Sumut pada triwulan I 2019 diperkirakan sebesar 93,31. Ini artinya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan pertama diperkirakan tidak lebih baik dibandingkan sebelumnya.

“Masyarakat pesimis terhadap ekonomi. Pesimis disebabkan oleh rendahnya pembelian barang tahan lama dengan nilai indeks sebesar 71,74,” ujarnya.

Jika dibandingkan nasional, tambah dia, nilai ITK Sumut sedikit lebih tinggi dari nilai ITK nasional di mana nilainya sebesar 11,54. Artinya, kondisi ekonomi konsumen pada triwulan IV tahun 2019 diperkirakan kurang lebih baik memiliki optimisme yang sama dengan kondisi ekonomi nasional.(net)