KAI Tingkatkan Program CSR Kesehatan di 2019

 

Medan | Jurnal Asia

Mengakhiri rangkaian bakti sosial dan pengobatan gratis RailClinic di tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara (Sumut) mendatangi masyarakat Belawan.
Kehadiran mereka diharapkan memberikan manfaat ke masyarakat khususnya yang berada di sekitar stasiun kereta api Belawan Medan.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Rusi Haryono diwakili Deputi Vice President PT KAI Divre I Sumut, Edwin Permana mengatakan, bakti sosial ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) di mana dananya dari laba yang diperoleh kereta api. Dengan harapan dapat memberi manfaat kepada masyarakat.

“Ini merupakan rangkaian terakhir di tahun ini atau yang keenam kalinya. Sebelumnya sudah dilakukan di stasiun Labuhan Medan, Rantauprapat, Padang Halaban, Pulu Brayan dan Binjai,” katanya disela kegiatan di Stasiun Belawan, Kamis (29/11).

Melalui kegiatan bakti sosial kesehatan gratis ini, sambungnya, pihaknya ingin memperkenalkan RailClinic (kereta api layanan kesehatan) kepada masyarakat. Di Indonesia sendiri ada empat RailClinic yang dioperasikan di Jawa, Palembang, Tanjung Karang dan Sumatera Selatan.

“Di 2019 kita akan terus tingkatkan pelayanan di bidang kesehatan. Nantinya, jika ada pihak-pihak tertentu yang ingin mengajak kerjasama untuk kegiatan bakti sosial kesehatan kita siap untuk membantu,” tegasnya.

Manager Kesehatan PT KAI Divre I Sumut, Agus Widodo menambahkan, sedikitnya lebih 200 warga di setiap kegiatan bakti sosial. Dalam kegiatan ini siswa-siswi sekolah dasar juga mendapatkan kaca mata baca gratis.

“Pelayanan kesehatan yang diberikan ke masyarakat melalui bakti sosial ini diantaranya pelayanan kesehatan dokter umum, kesehatan gigi, kebidanan dan pemeriksaan mata, laboratorium serta farmasi. Dan biasanya yang paling banyak periksa itu di poly umum,” katanya didampingi Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, M Ilud Siregar.

Ia berharap, kegiatan ini akan terus dilaksanakan di tahun 2019. Jadi diharapkan seluruh masyarakat ikut menjaga dan mentaati rambu-rambu lalu lintas, jangan melempar, dan mencoret-coret dan jangan mencuri fasilitas kereta api.
(netty\swm)