Jelang Lebaran, Harga Komoditas di Sumut Melonjak Signifikan

 

Seorang pedagang ayam ras di pasar tradisional di Kota Medan.Netty

Medan | Jurnal Asia
Seolah menjadi kewajiban rutin menjelang hari kebesaran agama harga-harga komoditas pangan mengalami lonjakan yang signifikan. Begitu juga saat ini, jelang Lebaran tahun ini, di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan dan sekitarnya harga-harga komoditas mengalami kenaikan.

Lonjakan harga terjadi pada ayam ras, di mana saat Ramadhan hanya dikisaran Rp26-27 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp34 ribu per kg. Kemudian, Cabai merah Rp80 ribu per kg, cabai rawit Rp50 ribu per kg, cabai hijau Rp50 ribu per kg.

Kemudian, bawang merah Rp30 ribu per kg, bawang putih Rp35 ribu per kg, tomat Rp10 ribu per kg.

Seorang pedagang ayam di pasar Batang Kuis, Husni mengatakan, kenaikan harga ayam sudah mulai terjadi sejak seminggu yang lalu. Dan hari ini sudah sekitar Rp34-35 ribu per kg.

“Biasalah jelang Lebaran, harga ayam ras naik. Ini dikarenakan hukum dagang, banyak permintaan harga juga naik,” katanya, Senin (3/6).

Diakuinya, meski harga ayam naik namun banyak konsumen yang membelinya. Penjualannya pun naik hampir 50 persen dibanding hari biasanya.

“Banyak yang beli untuk stok Lebaran, mungkin besok pada malas belanja karena pasti ramai. Ini hari, saya sediakan sekitar 150 kg ayam, biasanya hanya 80-100 kg saja,” ujarnya.

Senada dikatakan Amin, pedagang sayuran di pasar Tembung. Meski harga cabai merah dan rawit mahal, tetapi masih banyak yang berbelanja.

“Ya karena untuk kebutuhan Lebaran pasti tetap dibeli mungkin karena untuk beberapa hari kedepan mereka tidak belanja. Kalau untuk pasokan masih tetap aman,” ucapnya.(nty)