Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merah Mendekati Rp90 Ribu Per Kilogram

 

Harga cabai merah “meroket”.Netty

Medan | Jurnal Asia
Jelang Idul Adha 2019, harga cabai merah hampir menyentuh Rp90.000 per kilogram (kg) di sejumlah pasar tradisional di Medan dan sekitarnya pada hari ini. Padahal, beberapa hari lalu, harga cabai merah hanya dikisaran Rp50.000-Rp60.000 per kg.

Seorang pedagang sayur di pasar Simpang Limun, Aat mengatakan, harga cabai terus mengalami kenaikan. Padahal, empat hari yang lalu masih dikisaran Rp55 ribu per kg kemudian berangsur naik menjadi Rp75 per kg dan hari ini tembus Rp88 ribu per kg.

“Harga cabai merah terus bergerak naik dan saya prediksi besok puncaknya. Hal ini karena mendekati Idul Adha. Sejumlah petani tentunya tidak ke ladang sehingga berimbas pada harga cabai merah,” katanya, Jumat (9/8).

Menurutnya, kenaikan harga cabai juga dikarenakan di Tanah Karo sedang mengalami cuaca kemarau. Kenaikan harga ini juga berdampak bagi pedagang yang biasa mengambil 20 kg cabai tetapi menjadi 10-15 kg.

“Sekarang ini di Tanah Karo sedang kemarau dan angin kencang juga. Kemungkinan harga normal kembali di hari Rabu depan,” terangnya.

Senada dikatakan pedagang sayuran di Pasar Petisah, M. Pasaribu, harga cabai merah naik karena mendekati Idul Adha. Bahkan ia memprediksi, harga bisa menyentuh Rp100.000 per kg pada esok hari.

“Ya biasa bisa naik lagi karena mau Lebaran. Hukum ekonomi, semakin banyak permintaan harga semakin naik,” pungkasnya.

Sementara, Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengungkapkan, sejak 5 Agustus kemarin, harga cabai merah kembali mengalami kenaikan. Untuk cabai merah harganya merangkak naik dari Rp55 ribu di awal bulan, saat ini harganya meroket menjadi Rp85 ribu per kg.

“Faktor pemicu kenaikan harga cabai diduga dikarenakan oleh perayaan hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Minggu. Kenaikan harga cabai tersebut sebenarnya terjadi seperti biasa,” ucapnya.

Namun, karena kenaikan harga cabai terjadi saat harganya sudah mahal, level harga cabai yang naik sampai Rp85 ribu ini memperburuk harag cabai itu sendiri. Harga cabai menjelang Idul Adha ini sekaligus menghantui kinerja inflasi di Sumut pada Agustus ini.

“Jika harga cabai bertahan di kisaran Rp85 ribuan hingga akhir bulan, maka inflasi akan kembali meroket di atas 1 persen,” ucapnya.(nty)