Jelang Akhir Tahun, PGN Medan Tambah 6 Pelanggan Baru

Sales Area Head PT PGN Medan, Saeful Hadi

Medan | Jurnal Asia

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) terus berkomitmen untuk menyediakan gas bumi guna memenuhi kebutuhan domestik. PGN area Medan misalnya, di akhir tahun ini menambah enam pelanggan baru dan diharapkan gas bisa dialirkan di awal tahun 2019.

Sales Area Head PT PGN Medan, Saeful Hadi mengatakan, dari enam pelanggan baru tersebut, lima diantaranya merupakan pelanggan komersil dan satu pelanggan industri. Saat ini pihaknya masih merampungkan infrastruktur pendukung yang diharapkan bisa selesai di Desember sehingga gas mulai bisa dialirkan di awal Januari.

“Pelanggan industri dan komersil yang akan menjadi pelanggan baru diantaranya bergerak di bidang rumah sakit, rumah makan, laundry dan di pengelolaan minyak sawit,” katanya, Kamis (6/12).

Saeful merinci, total penambahan pelanggan sepanjang 2018 sekitar 15 pelanggan baru dengan rincian 3 industri dan 12 komersil. Dan total penggunaan gas saat ini sekitar 13 MMBTUD.

Menurut catatan, lanjutnya, pada tahun 2018, perseroan berhasil menambah sambungan gas bumi ke pelanggan industri sampai dengan 47 industri. Sedangkan untuk pelanggan komersial sekitar 70 pelanggan.

“Ini menjadi bukti bahwa masih banyak industri dan komersil yang memakai gas bumi PGN sebagai bahan bakar produksi mereka,” tegasnya.

Berbicara pelanggan baru di 2019 ini, ucapnya, pihaknya mengusulkan penambahan 10 pelanggan komersil dan 2 pelanggan industri ke PGN pusat. Namun pencapaian target bisa saja bertambah karena disaat bulan berjalan pihaknya terus mencari tambahan pelanggan.

“Kalau untuk kendala di lapangan secara teknis tidak ada. Sekarang hanya masih dihitung-hitung fisiblenya, apakah dari segi bisnis bisa untuk berinvestasi atau tidak,” tandasnya.

Saeful menambahkan, dengan menjadi holding pihaknya optimis pasokan gas yang akan disalurkan lebih terjamin. Saat ini PT PGN menjual harga gas bagi pelanggan industri di angka USD 10,28 dollar per MMBTUD. (netty)