IHSG Jatuh ke Posisi 4.105, Rupiah Melemah di Level 15.912 per US Dolar

Kinerja IHSG dan Rupiah terus anjlok.Ist

 

Medan | Jurnal Asia
Setelah sempat perdagangan ditutup sementara karena IHSG turun sebesar 5%, IHSG justru berlanjut mengalami pelemahan pada sesi selanjutnya. Bahkan, IHSG sempat terpuruk di level 4.093,74 sebelum akhirnya ditutup melemah di level 4.105,42.

IHSG terpuruk 5.2%, menambah deretan panjang pelemahan IHSG belakangan ini. Keterpurukan IHSG berbarengan dengan melemahnya sejumlah bursa global.

Seiring dengan pelemahan IHSG, mata uang Rupiah juga mengalami pelemahan yang cukup parah. Rupiah bahkan sempat terpuruk di level 16.035 per us dolar.

“BI mengambil langkah cepat dengan menurunkan suku bunga acuannya. Bunga acuan BI diturunkan 25 basis poin menjadi 4.5%,” kata Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, kebijakan tersebut mampu membuat Rupiah berbalik badan. Rupiah pada akhirnya mampu di tutup di bawah 16.000, dan ditutup di level 15.912 per us dolar.

Kinerja pasar keuangan benar-benar terpuruk dan belum tahu sampai kapan akan berakhir. Selama corona masih menjadi masalah fundamental dan belum terlihat akan adanya pemulihan maka selama itu pasar keuangan masih akan terombang-ambing dengan kecenderungan mengalami penurunan.(nty)