Harga Bawang Putih di Medan Berangsur Turun

Bawang Putih : Harga bawang putih dan cabai merah di pasar tradisional di Medan berangsur turun.Netty

Medan | Jurnal Asia
Harga bawang putih berangsur turun di sejumlah pasar tradisional di Medan dan sekitarnya Rp65 ribu per kilogram. Begitupun, para pedagang berharap pemerintah bisa menstabilkan harga bawang putih kembali normal.

Seorang pedagang di Pusat Pasar Medan, Tiur mengatakan, kemarin harga bawang putih diangka Rp75.000-Rp80.000 per kg. Tetapo, hari ini sudah dikisaran Rp60-64 ribu per kg.

“Iya, bawang putih sudah mulai turun hari ini. Sudah mulai “banjir” di pasar,” katanya, Kamis (9/5).

Menurutnya, harga Rp60 ribu per kg masih terbilang mahal, biasanya harga normal itu dikisaran Rp18.000-Rp25.000 per kg. Para pedagang pun berharap, pemerintah dapat menstabilkan harga bawang putih dan sejumlah komoditas lainnya.

“Yang masih mahal itu harga cabai merah sekitar Rp50 ribu per kg. Itu sudah turun dari kemarin yang sempat Rp70 ribu per kg,” tandasnya.

Ketua Tim Pemantau Harga di Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, kita patut bersyukur harga bawang putih berangsur mengalami penurunan. Untuk bawang putih harganya bisa ditekan dikisaran Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per kg.

Masalah mahalnya harga bawang putih banyak dikarenakan oleh masalah impor kemarin. Selain itu, harga bawang putih pada dasarnya juga mengalami kenaikan dua kali lipat dari harga biasanya sehingga memang secara fundamental seharusnya harga bawang putih itu mengalami kenaikan.

“Tetapi kalau harganya di atas Rp40 ribu, itu sih masih terlalu mahal. Demikian halnya juga dengan cabai merah yang sudah mengalami pemulihan,” ucapnya.

Di mana harga cabai tersebut memang seharusnya tidak mengalami kenaikan hingga mencapai Rp100 ribu per kg. Harga cabai seyogyanya memang berada dikisaran Rp40 hingga 60 ribu per kg saat ini.

“Mengingat harga jual cabai merah di tingkat petani hanya sekitar Rp35 ribuan per kg. Jadi memang kenaikan harga cabai merah kemarin sangat berlebihan,” katanya.

Menurutnya, isu yang digoreng adalah isu mengenai erupsi Sinabung yang memang pada dasarnya tidak begitu mempengaruhi harga. Masalah kenaikan harga cabai merah saat ini memang dikarenakan oleh banyaknya petani yang justru masih baru memulai untuk menanam cabai merah. Ini adalah isu fundamental yang jadi pembentukan harga.(nty)