Harga Ayam Ras Bertahan Mahal, Rp35 Ribu Per Kilogram

 

Seorang pedagang ayam ras di pasar tradisional di Kota Medan.Netty

Medan | Jurnal Asia
Harga ayam ras pasca Lebaran masih bertahan mahal di beberapa pasar tradisional di Kota Medan dan sekitarnya. Per kilogramnya (kg) sekitar Rp35.000.

Seorang pedagang ayam di pasar VIII Tembung, Prayetno mengatakan, harga ayam belum mengalami penurunan sejak Lebaran pertama. Dan permintaan juga masih tetap tinggi dari konsumen.

“Iya, masih banyak yang beli karena kan memang masih Lebaran. Harganya masih sama, Rp35.000 per kg,” katanya, Minggu (9/6).

Dari Lebaran kedua, lanjutnya, ia sudah berjualan. Diakuinya penjualan meningkat sekitar 20-30 persen dari hari biasa.

“Biasanya per hari itu habis sekitar 100 kg dan sekarang di masa Lebaran sekitar 130 kg per hari. Ini hari lebih banyak lagi,” ujarnya.

Selain ayam ras, lanjutnya, ayam merah juga banyak dicari konsumen. Per ekor dijual Rp50.000.

Terpisah, pedagang ayam di Pasar Sukaramai Medan, Andi mengatakan, kenaikan harga ayam sudah mulai terjadi sejak seminggu sebelum Lebaran. Harga normal biasanya sekitar Rp25-27 ribu per kg.

Meski harga ayam belum mengalami penurunan harga, masih banyak konsumen yang membelinya. Penjualannya pun naik hampir 50 persen dibanding hari biasanya.

“Masih Lebaran, jadi masih banyak yang beli untuk para tamu yang datang. Diprediksi, harga ayam kembali normal sekitar 2 minggu mendatang,” tukasnya.(nty)