Hadapi Gempuran Ritel Online, Kawan Lama Pertahankan Interaksi Layanan

 

Area Manager Ace Hardware Sumatera, Pandhu G.M di acara Media Gathering.Netty

Medan | Jurnal Asia
Di tengah gempuran bisnis ritel online, Kawan Lama Retail Medan masih terus melebarkan sayapnya hingga saat ini. Salah satu prinsip yang masih dipertahankan adalah interaksi layanan yang baik kepada para konsumen.

Area Manager Ace Hardware Sumatera, Pandhu Gesang Mahardhiko mengatakan, memang ada pergeseran cara belanja masyarakat saat ini. Untuk melayani konsumen yang belanja online, pihaknya telah menyiapkan dua online ritel.

Namun, kata dia, masih saja volume belanja offline (langsung) masih lebih banyak ketimbang online. Bisa dibilang persentase belanja online di bawah 10 persen dan masih sangat sedikit.

“Kita masih bisa survive dan terus berkembang, satu hal yang tidak bisa dimiliki oleh ritel online adalah “interaksi”. Ada service yang bagus ke konsumen yang tidak dimiliki oleh online,” katanya di sela Media Gathering Kawan Lama Retail di Medan, Senin (25/11/2019).

Menurutnya, konsumen di Medan masih banyak yang  khusus datang untuk melihat produk-produk dengan alasan menghilangkan stres. Pihaknya juga mencoba menolong konsumen jika ada yang mengalami masalah misalnya, ada keran bocor dan mereka akan mencoba mencari solusi terbaik.

“Interaksi langsung juga dibutuhkan konsumen. Memang, dampak ritel online ada tetapi sedikit dan sampai sekarang ini kita masih tetap dipercaya konsumen. Karena konsumen akan lebih merasa puas jika langsung melihat dan mencoba produknya,” pungkasnya.

Ia menambahkan, dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2019, pihaknya menyiapkan sejumlah program menarik untuk memenuhi kebutuhan Natal dan Tahun Baru. Ada berbagai macam tematik yang sudah disiapkan.

“Ada sekitar enam tema di tahun ini Dan nantinya akan ada diskon sekitar 50 persen untuk sejumlah item,” tutupnya.(nty)