FORPPI Kota Medan Terbentuk | Hanya Lima Persen Penduduk Berprofesi Pengusaha

Medan – Dewan Pimpinan Cabang Forum Pengusaha Pribumi Indonesia (FORPPI) kota Medan bersilaturahmi sekaligus bersosialisasi terkait visi misi organisasi bersama anggota di Koki Sunda, akhir pekan lalu.
Ketua terpilih DPC FORPPI Kota Medan Ade Sandrawati Purba mengatakan terbentuknya organisasi ini hanya untuk mempererat tali silaturahmi di kalangan pengusaha. Apalagi dari 250 juta penduduk Indonesia, cuma 5 persen yang berprofesi sebagai pengusaha dan sebagian kecilnya merupakan pengusaha pribumi.
Padahal, kata Ade, salah satu indikator majunya perekonomian suatu bangsa tidak terlepas dari banyaknya jumlah pengusaha atau wiraswasta. Khususnya untuk kota Medan, pihaknya tetap akan menggalang pengusaha pribumi agar kekuatan untuk memajukan wirausaha bisa menjadi satu kesatuan. “Artinya, pengusaha pribumi harus mampu bersaing menghadapi MEA atau pasar bebas,” katanya.
Menurut dia, pemerintah pusat dan daerah juga harus mulai melakukan perlindungan terhadap para pengusaha lokal dan khususnya pengusaha pribumi seiring makin dibukanya kran investasi asing dan persaingan pasar bebas.
Diakui Ade, selama ini ada kesenjangan antara pengusaha pribumi dengan non-pribumi sangat jauh, sehingga berdampak bagi perkembangan dan pemerataan ekonomi masyarakat. “Kita semua sudah tahu bagaimana diskriminatifnya perlakuan terhadap pengusaha pribumi. Kalau ini dibiarkan tentu kita akan sulit untuk berkembang dan maju,” katanya.
Kehadiran FORPPI, menurutnya, akan menjadi mitra penyelaras pemerintah, sehingga pengusaha pribumi bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. “Mudah-mudahan akan banyak yang bisa kita lakukan untuk memajukan perekonomian masyarakat,” ucapnya.
Perlu diketahui, lanjut Ade FORPPI untuk Sumut Ketua Umum dijabat Mayjen TNI (Purn) Sumiharjo Pakpahan PhD DMS.
Sedang unsur kepengurusan DPC FORPPI Kota Medan Ketua Umum Dr (C) Ade Sandrawati Purba SH MH, Wakil Ketua Umum Erris Napitupulu, Sekretaris Zulham Effendy Siregar, Wakil Sekretaris Evi Mulianty Saragih ST, Bendahara Partogi Sirait, Wakil bendahara Yosua Poerba SH.
Sedangkan jabatan Direktur Eksekutif Sabar Depari, Direktur Penilitian dan Pengembangan SDM Puly Yunita Daulay, Direktur Hukum dan HAM Catur Ramadani Munthe SHi MH, Wakil Direktur Hukum dan HAM, Direktur Usaha Infrastruktur dan teknik Renville Pandapotan Napitupulu, Direktur usaha properti dan pertanahan Erwin Sihombing.
Direktur usaha pariwisata (kuliner, perhotelan,dan transportasi) Yenny Langkay, Wakil Direktur Usaha Pariwisata (Kuliner, perhotelan dan transportasi ) Thamrin Samosir, Direktur Usaha Perdagangan, Industri dan IT Erwin Sitohang, Direktur usaha Koperasi dan Perbankkan Ade Nelly Wardhani Teja SE, Wakil Direktur Usaha Koperasi dan UKM Ibrahim SE, serta Riaudi Muharman.
Sementara di tempat terpisah Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Pemberdayaan daerah dan Tata Kelola Perusahaan DPP FORPPI Nova Sumolang sebelumnya juga pernah mengungkapkan, Kehadiran FORPPI akan menjadi mitra penyelaras pemerintah, apalagi keberadaan forum ini sudah mendapat dukungan baik dari pemerintah.
Hadir dalam silaturahmi tersebut unsur pimpinan DPD FORPPI Provinsi Sumut Direktur Eksekutif Dr Ir Rustam Effendi MSi dan Direktur Usaha Pertambangan dan Energi Dr (C) Ir Arif Haryadian Msi. (isvan-rel)