Dinas Pariwisata Sumut Anggarkan Dana Rp5 Miliar Dukung Wisata Olahraga

Ilustrasi wisata olahraga.Ist

Medan | Jurnal Asia

Dinas Pariwisata Sumatera Utara (Sumut) anggarkan dana sebesar Rp5 miliar dalam mendukung sport tourism (wisata olahraga) yang dicanangkan pada 2020. Upaya ini untuk mendongkrak kunjungan wisatawan untuk datang ke Sumut.

Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Wan Hidayati mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumut sedang dan terus memperkuat sektor pariwisata.Wisata sport dinilai juga berpotensi besar untuk menjadi daya tarik wisatawan.

“Dana anggaran Rp5 miliar itu direncanakan antara lain untuk balap mobil, sepeda motor, sepeda dan lomba lainnya yang bersifat olahraga,” katanya, Rabu (7/8).

Direncanakan dana anggaran itu khususnya untuk mendukung perlombaan yang bersifat nasional bahkan internasional. Dia tidak merinci berapa total anggaran di Dinas Pariwisata Sumut pada tahun 2020 dengan alasan anggaran itu masih sedang dalam proses.

“Yang pasti dari total anggaran di Dinas Pariwisata Sumut pada 2020, ada alokasi untuk wisata sport,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Sumut dan didukung pemerintah pusat, terus berupaya menjadikan pariwisata sebagai sektor utama yang mendatangkan devisa.

“Pemprov Sumut semakin yakin pariwisata bisa menjadi penopang utama pendapatan setelah pemerintah menetapkan Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional,” ujarnya.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut menyebutkan, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumut pada Juni 2019 mencapai 21.444 kunjungan. Angka ini mengalami kenaikan 31,97 persen dibanding yang datang pada bulan Mei 2019 mencapai 16.249 kunjungan.

“Jika dibandingkan Juni 2019 mengalami kenaikan 11,19 persen dari 19.286 kunjungan pada bulan Juni 2018 menjadi 21.444 kunjungan,” kata Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi.

Diharapkan, pariwisata olah raga itu semakin mendorong jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.(nty)