Dari Toko Kelontong, Ibu Rumah Tangga Hasilkan Jutaan Rupiah

 

Martha Rehulina.Netty

Medan | Jurnal Asia
Teknologi telah membawa banyak perubahan mulai dari mengubah cara hidup, interaksi, hingga perspektif manusia. Dulu, bekerja dan mencari nafkah hanya menjadi tugas seorang laki-laki dan saat ini banyak perempuan menempati berbagai posisi strategis dalampekerjaannya guna membantu ekonomi keluarga.

Seperti halnya Martha Rehulina, perempuan berusia 49 tahun ini memilih mendirikan toko kelontong di Medan demi membantu ekonomi keluarganya. Sebagai ibu dari dua anak, Martha menyadari bahwa penghasilan suami tidak cukup untuk membiayai kebutuhan keluarganya.

“Dengan mendirikan toko ini, keuangan keluarga saya jelas terbantu. Terkadang saya menyesal kenapa tidak dari dulu saya membuka toko seperti ini. Apalagi sekarang menjadi lebih mudah menjalankan toko karena dibantu oleh Kudo untuk memenuhi kebutuhan barang,” katanya, Rabu (16/10).

Kudo atau Kios untuk Dagang Online merupakan layanan yang menggabungkan antara bisnis online dengan bisnis konvensional melalui aplikasi. Kudo dapat menyediakan jutaan barang dari berbagai toko online dengan beragam merek dagang.

Menurutnya, usahanya membuka toko kelontong sangat terbantu dengan kehadiran aplikasi ini mengingat ia menjalankan toko sendirian. Biasanya, setiap kali ingin belanja, ia terpaksa harus menutup tokonya.

Ia mengungkapkan, omzet penjualan dari tokonya melonjak drastis hingga 100 persen setiap harinya dengan batuan aplikasi tersebut. Awalnya, omzetnya hanya ratusan ribu, namun kini bisa mencapai jutaan rupiah.

“Tinggal ‚Äčorder melalui aplikasi, barang langsung diantar di hari yang sama. Yang lebih menyenangkan, barang juga disusun dan dirapikan di toko,” ucapnya.

Dengan dampak yang dirasakan olehnya,  sekarang setelah bergabung sebagai mitra agen bukan tidak mungkin dirinya berharap kalau tokonya bisa menghasilkan omzet yang semakin besar. Dia berharap, penghasilan yang didapat kedepannya bisa membantu biaya kuliah sang anak.

“Saya berharap, semakin banyak Grab melalui Kudo membantu pemilik usaha mikro sebagai target utama pemberdayaannya. Serta senantiasa melakukan pembaharuan aplikasi untuk mempermudah para penggunanya,” tandasnya.(nty)